Tuesday 28 November 2017

Jangan bermain saham

Jangan bermain saham

    Beberapa Pertanyaan yang ane dapet dari pembaca blog kira-kira 40% mengenai saham, ada yang tanya modal awal berapa besar, susah ngga main saham , terus bisa rugi ngga main saham dll, ane jawab sesuai dengan kenyataan yang ane alami, rata-rata ane saranin dulu buat memahami, maksudnya biar pembaca tidak langsung transaksi, karena sama saja dengan bunuh diri, sebenarnya niat awal ane membuat artikel tentang saham seperti artikel Pengalaman bermain saham ini untuk sekedar share aja, bagus juga kalau tertarik namun perlu diingat dunia persahaman itu sangat kejam.

      Kenapa kejam, ya karena pergerakan nya sangat fluktuatif walaupun ada batas autoreject atas(ARA) dan atoreject bawah(ARB). Disamping itu banyak faktor faktor lain yang membuat harga saham naik- turun, menurut ane harga saham naik atau turun itu adalah takdir, ngga ada yang bisa 100% bisa nebak harga saham dengan akurat, kecuali situ bandar,hehe.


       Kembali ke judul kenapa ane nulis "jangan bermain saham ?" 
jangan pernah bermain saham kalau berfikiran kamu akan cepat kaya, nope , jujur saja keuntungan ane dari 2 tahun yang lalu sampai sekarang sangat tipis, lalu apa yang ane dapet, jawabnya adalah hikmah, dulu waktu awal -awal ane sembarangan beli saham, tanpa di dasari ilmu. Namun sekarang ane lebih berhati-hati karena memang ternyata kalau beli saham sembarangan malah bikin buntung,boro-boro untung, kata saudara ane sebelum membeli saham sebaiknya kita bisa membaca laporan keuangan perusahaan tersebut, biar kita bisa memutuskan layak atau tidak kita nghold saham itu dan apakah harga masih murah atau udah kelewat mahal, untuk bacaab ane pribadi suka baca-baca di situs http://www.teguhhidayat.com/ , https://www.facebook.com/galerisaham/ dan http://bei5000.com/fsocial/landing-page2.php , disitu ada banyak analisa teknikal maupun fundamental.

     jangan pernah bermain saham kalau kita ngga ingin loss, yang jelas kalau kita bermain saham pasti ada untung ruginya ibarat berdagang ada moment moment dimana kita rugi. kalau ngga mau rugi mending ditabung dulu uangnya lalu belikan tanah dijamin kalau tidak ada force majure pasti akan naik berlipat-lipat. tapi ruginya juga ngga sering-sering hlo ya....
     
     jangan pernah bermain saham kalau kita males belajar dan males membaca berita, nah ini poin cukup penting, karena berita terkadang juga berpengaruh misalnya ada berita perusahaan yang ketahuan melakukan tindakan kriminal nah lalu terjadi panic sell sehingga harga anjlok, nah mengapa kita juga selalu mencari berita terhadap sebuah emiten saham, terutama saham yang kita hold. di atas ane sebutkan jangan males belajar karena dalam bermain saham ada ilmunya , banyak kok yang ngshare , coba cari-cari di situs yang ane sebutkan diatas.

    
    jangan pernah bermain saham kalau kamu menganggap itu permainan, yup menurut ane salah ketika investasi saham adalah sebuah permainan, karena yang kita investasikan ini uang , uang asli bukan uang monopoli, jadi mindset ketika bermain saham jangan seperti main game, sebuah tindakan harus dipikirkan secara matang-matang biar tidak menimbulkan kerugian.  

    jangan pernah bermain saham kalau kamu tidak disiplin, arti disiplin disini seperti stop loss, beberapa pelaku investasi saham mengatur rencana kapan waktunya out dan kapan waktunya masuk, yang sebelum nya sudah dipikirkan masak-masak biar ngga terjadi salah langkah, Jujur saja ane belum disiplin soal cutloss, yang jadi keyakinan ane kalau Laporan Keuangan masih bagus masih tetap akan ane hold, kalau ada dana akan ane average / nambah muatan. 

Segitu dulu ya sob, ane tidak bermasuk menggurui ane cuman ingin berbagi aja, jadi sebelum masuk ke dunia investasi saham sebaiknya dipikirkan matang-matang terlebih dahulu, ane juga masih nubie masih perlu banyak belajar lagi, ngga salah kan seorang nubie berbagi informasi.... hehe terimakasih sudah membaca..semoga bermanfaat jika ada kritik dan saran tulis dikolom komentar...byebye
     

5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Mending usaha yg real aja yg bisa loe kelola sendiri saham itu mainan nya orang kaya yg duit nya udah lebih lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ane sih gapapa , beli aja bluechip, lumayan dividen nya

      Delete
  3. Aku main di forex los nya lumayan

    ReplyDelete