Friday 17 November 2017

Pengalaman Mengikuti Sidang Pelanggaran Lalu Lintas

Pengalaman Mengikuti Sidang Pelanggaran Lalu Lintas


Pada hari Rabu tanggal 01 November 2017 ane pulang kerja, eh kok pas di pertigaan bangjo bandara Adisucipto ane di deketin sama pak polisi, dia tiba-tiba nanya dalam hati sebenarnya ane ingin jawab "semua laki-laki memang selalu salah pak" niat jawab itu ane urungkan karena mungkin terdengar jayus, Bapak Polisi menjelaskan kalau motor ane ngga nyalain lampu, waduh ane lupa kalau ternyata tanggal ini ada operasi zebra , yaitu dari tanggal 1 - 11 november, langsung Pak Pol minta STNK beserta sim, okaydah karena ane baik hati ane kasih tuh surat-surat, dalam hati untung STNK ane tidak tertukar dengan motor Ducati Honda Prima kelangenan bapak. Pak Polkis nanya ane, mau surat yang biru atau yang merah, doi jelasin kalau yang biru kita bayar via bank BRI, ane juga sebetulnya kurang tau dengan opsi surat biru, yaudah dah ane minta yang surat tilang warna Tilang, dalam Surat Tulisan Tertulis "Pasal 288(2)" yang berbunyi 
"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalamPasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) (Pasal 293 ayat 1"


Setelah dikasih surat tilang ane pulang dengan perasaan kesal, yup memang kesal, karena apa kok ngga diingetin dulu ya kalau pelanggar ternyata cuman lupa, wong ya setelah di hidupkan kembali nyala lagi kok, kalau benar-benar lampu mati baru kena denda,...ah yasudahlah, itung-itung bersedekah, siapa tau memang saya kurang bersedekah.

      Nah ini bagian Intinya nya, tadi cuman intro saja jadi ane dapat sidang tanggal 17-11-2017, tepat pagi tadi, ane berangkat dari rumah ke Kejaksaan Negeri Sleman dari jam 06.30 pagi, sampai sana jam 07.45 ternyata sudah banyak pelanggar lain yang ikut sidang juga, ternyata walaupun sidang dimulai jam 08.00 namun banyak yang datang jauh dari jam itu, buat apa dateng lebih awal? biar dapet nomer antrian yang ngga banyak, Tadi dapet nomer 387, ngga lama sih, karena 30 menit berlalu ane sudah mendapat giliran bisa dikatakan 10 menit sudah 100 nomor.
      
      Ane sedikit kasih gambaran prosesnya, siapa tau kamu perlu informasi ini, datang dengan membawa bukti tilang, setelah itu kamu antri menunggu penukaran surat tilang diganti menjadi surat antrian, nah nanti tinggal nunggu aja kamu dapet giliran, katanya bapak nya Informasi tadi pengambilan / Pelayanan ngga cuman dilayanin pada hari tanggal sesuai surat tilangnya saja, jadi jika kamu sibuk kamu bisa ngambil hari berikutnya di jam kerja, katanya juga ngga ada biaya tambahan, artinya jumlah denda sama saja. Nah tapi ini gak tau berlaku di semua atau wilayah Kejaksaan Negeri Sleman saja. berikut foto yang sempet ane ambil.


(suasana antrian loket, ini di Kejaksaan Negeri Sleman, gatau kenapa pindah disini, jika sesuai surat tilang maka di adakan di Pengadilan Negeri Sleman)


(nah setelah ke loket nanti dituker sama nomer antrian kayak gini)

(Urutan Pengambilan bukti tilang)

( Kirain ada hakim seperti kayak sidang-sidang,gataunya cuman langsung bayar aja lalu barang yang di Tahan dikembalikan) 

(ini bukti setor denda tilang)

( Surat cinta dari Pak Polisi pertigaan bangjo bandara Adisucipto)


Segitu dulu ya sob, semoga pengalaman ini berguna, semoga kita kedepannya tertib lagi, Terimakasih sudah membaca artikel ane...byebye

No comments:

Post a Comment