Friday 1 May 2020

Analisa goblog kenapa penimbun alkes akhir akhir ini merugi

Analisa goblog kenapa penimbun alkes akhir akhir ini merugi


http://suarahampa.blogspot.com/ akhir akhir ini ane liat banyak yang ngtwitt soal penimpun masker rugi bahkan sampai miliaran rupiah, wow banyak banget menurut ane.


kenapa ane bikin judul analisa goblog ? karena memang bisa jadi analisa ane bener atau salah, hahaha dan ane bodo amat, cuman ingin menyampaikan aja hasil dari pemikiran ane mengenai hal tersebut.

pertama kita ingat harga masker misal merk sensi paling 1 box dulu gak sampai 100rb, lalu dengan adanya pandemi corona harga melambung dengan harga sampai 400rb an, wow gila sekali, sama alat kesehatan lain, misalnya thermogun, sebelum pandemi corona ane sempet liat di marketplace ada yang dibawah 500rb an, eh saat ini melambung sampai 1jutaan, wow .

nah mungkin saat itu orang yang masih punya stock saat harga masih normal gak akan rugi banyak ketika dia masih punya banyak, karena dia kan otomatis dapet barang juga diharga normal, beda dengan spekulan yang mencoba peruntungan dengna membeli barang ketika harga sudah melambung tinggi, misal beli 1box masker di harga 200rb, otomatis dia kalau mau mencari keuntungan harus di atas tersebut kan , nah ketika harga normal maka untuk kembali modal ya paling ngga jualan di harga 200rb, perlu diingat yang jualan dadakan di sini banyak, tapi juga yang nyari banyak sih. tapi tapi tapi ada faktor lain yang membuat harga masker sekali pake terjun bebas. yaitu adalah barang tersebut bisa disubtitusi dengan masker kain.

yep yaitu WHO dan pemerintah indonesia mengumumkan kalau ternyata bisa mencegah sekitar70 persen, wow ini adalah kabar gembira buat semua orang, karena perlu diketahui tidak semua kondisi ekonomi tiap masyarakat berkantong tebal, bisa dibayangkan kalau dia harus beli ratusan ribu maka keluarga makan apa ?? ya kan masuk akal bukan, lalu masker kain pun mudah di produksi, di pasaran pun ada berbagai macam jenis nya,misalnya jenis scuba, masker kain 2 lapisan dan lain lainya sangat bervariasi, namun ada himbauan untuk menggunakan tidak lebih dari 4 jam dan jangan lupa di cuci juga. orang orang pasti memilih ini donk, masker kain ratusan ribu, eh ini ada masker kain yang sama sama bisa mencegah cuman harganya terjangkau, bervariasi lagi, dah gitu bisa digunakan berulang. apa gak bikin kocar kacir penjualan masker sekali pake.

pengumuman masker kain dapat mencegah merupakan pukulan telak buat penimbun, kalau ane kalau jadi penimbun maka ketika pemerintah mengeluarkan pengumuman masker kain juga efektif maka harusnya itu sebuah sinyal untuk segera membuang barang nya, karena masyarakat di indonesia sukanya dengan barang yang bisa dipake berulang, yang penting balik modal lah. tapi repotnya dengan penimbun yang beli diharga tinggi ya kasian, akan rugi pastinya, hukum ekonomi orang akan membeli harga murah dulu, baru kalau murah habis akan beli yang lebih mahal, kayak main saham aja. 

sekian analisa goblog dari ane, kritik dan saran bisa tinggalkan komentar dibawah ini

No comments:

Post a Comment