Wednesday 6 May 2020

Kenapa Ane Memilih Jualan Mainan ?

Kenapa Ane Memilih Jualan Mainan ?


http://suarahampa.blogspot.com/ seperti di artikel yang lalu, ane memutuskan untuk jualan mainan sembari mencari pekerjaan baru, yup ane terkena PHK gegara corona, jadi ane jualan kadang sore sampai menjelang buka di pinggir jalan gitu, kenapa ane memilih menjual mainan.


mainan tidak basi, yep alasan pertama ini, jadi kalau gak laku pun bisa disimpan, ane memang belum berfikiran menjual makanan, karena ane gak berani spekulasi ditambah bini juga tidak pinter masak.

harga mainan cenderung stabil, ane liat mainan anak anak itu harganya cenderung stabil harganya, asal kita kulakan barang di saat booming, jadi mainan yang standar standar aja, pasti harganya gitu gitu aja malah kadang harga mainan itu makin lama makin naik, contoh kayak mainan 4WD merk auldey dulu paling harga 20-25, kayaknya sekarang harganya jadi 40-50rb an mungkin lebih.

mainan banyak macam, yep seperti diketahui mainan itu banyak macam, jadi kita jualan bisa bervariasi mainannya, biar customer tidak bosen liat itu itu aja.

keuntungan bisa besar, jika kita beli kulakan barang dengan jumlah banyak maka kemungkinan cuan gede mungkin gaes, bahkan bisa 100 persen juga untuk mengambil keuntungan, misal kondisi gini, kamu beli mainan dengan online 10rb perbijinya lalu kita beli banyak, artinya kalau beli banyak kan ongkirnya ditanggung banyak barang, katakanlah ongkir 20rb, jadi kalau kita pasang dengan harga 20rb pun masih mungkin laku, karena kalau orang tersebut beli di online hanya barang 1 maka akan rugi, misal 10rb+ongkir 17rb, masih murah di kita , masuk akal kan.

terus kekurangannya apa sih ?
menurut ane untuk saat ini daya beli masyarakat cenderung turun karena baru diterpa pandemi corona, banyak orang PHK , kan kita tau bahwa mainan itu bukan kebutuhan pokok, jadi yang lebih laku adalah sembako, yep itu dah pasti, lalu kekurangna lainnya adalah terkadang ada mainan yang dulu booming lalu cenderung tidak booming lagi, otomatis jika masih memiliki stock barang tersebut merugi karena gak laku laku. selain itu kekurangan lain adalah mainan akan makan tempat penyimpanan, ini problem kalau rumah kita kecil, kayak dikamar ane banyak mainan ane taruh di pojokan pojokan bahkan bawah tempat tidur, karena memang tidak ada tempat, hehe

sekian dari ane, kritik dan saran monggo dipersilahkan

No comments:

Post a Comment