Tuesday 5 May 2020

Analisa goblog apakah kartu prakerja efektif ditengah pandemi corona?

Analisa goblog apakah kartu prakerja efektif ditengah pandemi corona?
http://suarahampa.blogspot.com/ hello gaes, ane pengen mencoba menyampaikan uneg uneg yang ada dipikiran saya tentang kartu yang baru baru ini di luncurkan, pertama tama disini ane menyampaikan atas pendapat pribadi , jadi tidak ada tendensius apapun mengenai artikel yang ane tulis.\


seperti yang saya ketahui bahwa kartu prakerja ini dulu wacana Presiden Jokowi saat kampanye pilpres lalu, rencananya sih ane baca berita awalnya tidak dikeluarkan dalam waktu dekat ini, lalu ketika pandemi corona terjadi di indonesia maka kartu prakerja di percepat diluncurkan,

seperti yang saya baca bahwa tujuan kartu prakerja ini semi bansos, karena ada pelatihan daring dimana pemerintah bekerja sama dengan startup yang ada di Indonesia dalam rangka pelatihan, lalu setelah pelatihan akan mendapatkan dana uang 600rb selama 4 bulan. CMIIW.

lalu apakah efektif di kondisi seperti ini dimata saya yang baru saja kena PHK ? menurut saya kartu ini kurang efektif karena orang orang cenderung lebih butuh dengan uang dimana bisa dibelikan dengna sembako, perlu diketahui orang orang yang kena PHK adalah orang yang berskill, jadi tanpa pelatihan pun mereka orang orang yang sudah memiliki kemampuan, yang bermasalah adalah iklim ekonomi yang tidak menguntungkan, sektor usaha banyak yang lesu, jadi permasalahannya bukan masalah skill, andaikan orang tersebut ikut pelatihan prakerja apakah ada jaminan dengan bantuan skill yahg mereka dapatkan dengan kursus online bisa terus bekerja ? menurut ane kok pesimis mengenai hal itu, lah wong iklim usaha nya aja sepi, 

terus menurut ane kartu prakerja ini bisa rawan salah sasaran, karena ane pernah denger orang yang posisi kerja pun bisa untung untungan dapet kartu ini, karena tidak ada pihak yang memverifikasi apakah orang ini kondisinya butuh atau tidak, kan kasihan banget yang mereka berharap dapat eh malah tidak, ane yakin mungkin orang orang ingin gabung kartu prakerja karena ada uang tunainya, itu sih yang menggiurkan.

uraian diatas masih uraian simple, terus apakah kartu prakerja bisa menjangkau seluruh wilayah indonesia ? listrik aja kadnag susah apalagi koneksi internet gaes, udah gitu misalkan kita posisi jobless kondisi keuangan tipis kan untuk nonton kursis online harus beli kuota, keluar uang lagi donk ? hmmm sungguh dilema, karena kondisi orang beda beda, bisa jadi memang tidak ada uang.

kesimpulan, mungkin untuk kursus online saat ini kurang tepat, lebih tepatnya BLT karena orang lebih butuh uang untuk beli sembako, terus hal yang bisa di kursuskan online itu cuman segmented aja, IT jelas bisa, kuliner bisa juga, kursus jurnalis mungkin bisa, lalu kalau otomotif ? yakin seseorang bisa trouble shooting mobil mogok hanya dengan nonton video beberapa episode saja?

diatas adalah uraian dari isi kepala seseorang yang baru saja kena PHK, 

No comments:

Post a Comment