Thursday 28 May 2020

Ramadhan yang berbeda

Ramadhan yang berbeda


http://suarahampa.blogspot.com/ ane selaku penulis suarahampa ingin mengucapkan selamat lebaran dan mohon maaf lahir dan batin, ane pengen nulis artikel ini buat pengingat bahwa kita pernah mengalami pandemi corona di di bulan Ramadhan.


     pada bulan Ramadhan kali ini kita sedang di uji gaes, tadinya kita bisa melakukan sholat tarawih berjamaah di masjid lalu dengan adanya pandemi covid19 ini sholat berjamaah di tiadakan, tapi beberapa masjid di dalam kampung sih masih di adakan, berhubung masjid di kampung kami di pinggir jalan maka aktivitas masjid di tiadakan, mengingat karena banyak pendatang yang datang ke masjid, ya untuk jaga jaga aja daripada kenapa kenapa akhirnya pengurus sepakat untuk mengadakan di rumah saja.

    Dengan dilakukan berjamaah di rumah sih ada positifnya, yaitu kepala keluarga atau bapak menjadi imam tarawih, moment begini mungkin jarang jarang yak tapi dengan adanya pandemi mengajarkan menjadi imam tarawih,

    bulan ramadhan kali ini memang sungguh berbeza, dulu sanak saudara biasanya mudik ke kampung dengan adanya covid19 ini akhirnya pemerintah menyarakan tidak mudik dulu, tidak mudik tetap asyik katanya.. biasanya keluarga saya kalau lebaran rumah rame, sekarnag biasa aja karena pada gak mudik, gak papa sih karena lebih baik gak pulang daripada kenapa kenapa kan, gak tau di perjalanan ketemu siapa aja gitu.

     Kemarin malam takbir juga ane sama bini nengok sebentar di wilayah tempat tinggal, ternyata sepi gaes, sungguh berbeda dengan tahun tahun kemarin, banyak di jaga polisi, mungkin untuk menghindari gerombolan.

     buat saya apalagi, dulu kalau moment ramadhan ini salah satu yang ditunggu THR an, berhubung ane dah di PHK sebelum ramadhan maka tidak ada THR an lagi, hehe yaiyalah siapa yang mau ngasih coba, wkwkw bener bener moment yang tak terlupakan, gak kepikiran buat beli baju lebaran, karena memang saving money adalah hal yang harus di lakukan demi untuk bertahan hidup di kondisi seperti ini.

     buat ane ramadhan ini semacam tamparan, karena dulu ane selalu ngeluh kalau ane males malesan ke masjid buat tarawih lalu dgn kondisi begini saya malah jadi rindu dengan aktivitas di masjid, semoga setelah pandemi berakhir ini kita menjadi manusia yang baru yak, dan selalu mensyukuri nikmat. 



    

No comments:

Post a Comment