Friday 9 February 2018

Memelihara Ikan Air Laut Dengan

Mencoba Memelihara Ikan Air Laut Dengan Budget hemat


Sudah hampir 10 tahunan ane melihara ikan air tawar, mulai dari hewan hewan yang makannya pelet sampai hewan karnivora semisal Piranha,dulu kalau gak salah ane punya piranha 16an ekor, ane piara sampai gede , tapi entah kenapa suatu ketika ikan piranha ane mulai mati, padahal yang paling besar sudah seukuran 4 jari tangan, suka nya itu ketika ngasih makan, lahap sekali makan daging, apalagi kalau masih ada darahnya, si piranha langsung mencium dan mencari dagingnya, lalu setelah mati ane ganti dengan ikan aligator spatula, waktu itu ane punya 3 ekor, hampir tiap hari ane kasih makan ikan cere, kalau ngga ya ane kasih jangkrik, lalu suatu ketika mati juga dan tinggal 1 ekor lalu ane kasih ke temen kuliah karena ane bosan, setelah itu ane ganti ikan biasa macam koi, tetra yang makannya pelet, nah kira-kira tahun akhir 2016 aquarium ane bocor, yaudah deh ane ngga make lagi.


    Skip..skip intronya kepanjangan nah hari minggu kemarin ane beli aquarium dengan ukuran 50x30x30 cukup kecil dengan ketebalan 4mm saja, ane memang berniat untuk melihara ikan laut, ane mau coba dengan peralatan sederhana yang sebelumnya beberapa ane beli online kecuali Aquarium, Lampu , Pasir dan pecahan karang. Sebenarnya dari dulu ane dah pengen sekali melihara ikan air laut, tapi berhubung aquarium ane cukup gede maka ane urungkan,yang pertama adalah soal air, yup butuh hampir 200 an liter mungkin untuk menuhi aquarium yang sekarang dah pecah, setelah baca-baca ane nemu ternyata bisa make garam yang sudah di formulasikan khusus didalam garam tersebut sudah terdapat unsur-unsur Ca, Na, Mg, K , sehingga sudah seperti air laut beneran, untuk 1 kantong beratnta 750gram, bisa untuk nyampur 19 liter air tawar, nah ane beli 2 karena ane itung-itung untuk menuhi butuh 35 literan. 



    Oiya alat alat yang ane beli adalah Wave Maker biar airnya ada ombak-ombaknya harganya sama ongkir nya 70rb an, Filter + box ane beli online juga sama ongkir 56rb, Hydrometer buat ngecek kadar air nya ane beli sama ongkir nya 40rb an, untuk Aquarium nya ane beli cuman 70rb aja, dan pasir sama pecahan karang 30rb. untuk lampu 36rb karena lampu biasa, bukan lampu led.

    Karena garam lautnya belum datang maka ane set barang-barang yang sudah datang seperti Filter ,maka aquarium ane pasang filter dan ane kasih air, setelah 4 harian lalu pesanan ane datang, yaitu hydrometer , wave maker dan garam laut, dengan keadaan ada pasir laut dan ada pecahan karang maka garam ane campur sampai memenuhi kadar yaitu 1024 - 1026, setelah ane campur maka air menjadi keruh, lalu ane biarkan semalaman, setelah pagi air ternyata sudah menjadi bening, lalu ane berniat beli ikan saat pulang kerja.



    Setelah pulang kerja ane menyempatkan mampir di toko ikan laut didaerah gejayan, disana terdapat banyak macam biota air laut dan coral,disitu ane sama sekali gak paham dengan jenis ikan, yang ane tau cuman ikan badut, lalu ane tanya harganya untuk ukuran kecil 25rb, lalu ane tanya sama bapak penjual ikan yang murah-murah, karena untuk mencoba air, lalu ane ditunjukkan dengan ikan dakocan yang warna hitam seharga 10rb, dan ikan damsel kuning seharga 15rb. jadi totalnya 50rb, ane tanya apakah aman jika ane bawa pulang dengan sepeda motor kata bapaknya aman, btw jarak rumah ane sama gejayan kira-kira 25km an,takutnya ikannya gak kuat, tapi ternyata sampai rumah ikannya kelihatan sehat.

     Sampai rumah ane aklamasi(penyesuan) dengan air laut aquarium ane kira-kira 5 menitan lalu setelah itu ane ambil ikannya dan ane masukkan ke aquariumnya, ane amati memang tingkah-tingkah ikan air laut unik-unik. oiya ane sengaja ngga make coral maupun live rock karena memang aquarium ane ngga ada chiller,skimmer dan sump nya, takutnya nanti kondisi air cepat berubah dan bikin ikan-ikannya mati. berikut fotonya.

(aquarium ane yang kecil)

(proses aklamasi)

(aquarium ane yang pecah)

(nah ini ikan yang ane beli, damsel kuning, ikan badut dan ikan dakocan)

(filter yang ane gunakan)

(wave maker buat menciptakan gelombang)



(terlihat powerhead filter air)

(nah ini percobaan air dengan hydrometer beserta hasil uji coba airnya)


(yang tengah adalah garam laut khusus yang ane ceritakan)

(nah ini pakannya , segini 10rb an, ane beli via online dikirim dari surabaya)




Nah segitu dulu sob, jika ada kritik dan saran bisa kirim di komentar ya, nanti jika ada apa-apa akan ane update artikel ini....byebye


Update 10-02-2018 :
Nemo ane mati, gatau kenapa dari waktu beli nemo nya gak mau makan pelet... 








   

  
     

6 comments:

  1. Nama tokonya apa mas yg di daerah gejayan?sm jual peralatan juga gk mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang deket peremapatan utara dikit itu jual perlengkapan..lengkap sudah

      Delete
  2. Pasti yang deket toko helm ?
    Aku mhs jogja juga pengen beli aquarium air laut tapi mahal caringnya wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener..yang mahal perawatannya...hooh deket dengan toko helm om

      Delete
  3. mas bro, nama garamnya apa?? yg sudah komplit langsung dicampur ke air tawar.

    ReplyDelete