Friday 16 February 2018

Menjadi Smart Buyer

Menjadi Smart Buyer


Smart Buyer , kalau belum tau artinya adalah pembeli yang cerdas, yep sepertinya jaman now, yang ane jelaskan adalah smart buyer pembelian dari situs jual beli online, kenapa topik ini menurut ane urgent ? karena ane prihatin dengan beberapa kasus penipuan pembelian online.


 1. Belilah di situs website yang kredibel.
Seperti yang ane ketahui beberapa website eccomerce ada yang ngga kredibel, yang yang pertama kalian lakukan adalah coba cari artikel di internet tentang pengalaman orang membeli barang di situs tersebut.

2. Jangan tergiur dengan barang murah
nah ini poin penting juga, jangan tergiur dengan barang yang harganya murah , bisa jadi barang tersebut adalah KW atau malah modus penipuan, banyak nih biasanya orang suka broadcast dengan menampilkan harga jauh lebih murah dari pasaran, perlu waspada. yang sering ane dapet dulu broadcast list harga HP.

3. Baca deskripsi barang dengan teliti.
Bacalah deskripsi suatu barang yang terpajang di lapak dengan teliti, jangan sampai kamu terlanjur beli tapi ternyata tidak sesuai apa yang kamu harapkan, padahal itu bukan kesalahan seller, tapi kesalahan kamu sendiri yang tidak membaca deskripsi dengan teliti.

4. Jangan banyak nanya kalau ngga berniat beli
Beberapa seller terkadang sibuk dengan customer yang serius ingin beli, jadi ketika kamu tidak ingin beli gak usah banyak nanya, apalagi nawar nawar dengan harga yang cukup afgan.

5. Jika Barang sudah sampai jangan lupa untuk memberikan feedback atau ulasan barang
Nah ini penting, terutama penting buat calon customer yang ingin beli produk tersebut, soalnya terkadang deskripsi barang tidak sesuai dengan barang yang dikirimkan, katanya barangnya ORI ternyata KW, nah manfaat kita memberikan ulasan adalah dapat buat pertimbangan calon pembeli barang tersebut.

6. Manfaatkan promo atau diskonan
kalau ini ane banget, jadi ane suka kalau beli pas ada promo atau diskonan , misalnya promo free ongkir, lumayan banget kan , soalnya beberapa barang itu terkadang harganya lebih murah daripada biaya ongkirnya, lumayan banget kan kalau ada promo atau diskonan.

7. Hubungi penjual terlebih dahulu sebelum memberikan ulasan yang buruk jika barang tidak sesuai
Jika barang yang kamu terima tidak sesuai, misalnya ada kelengkapan yang lupa tidak di kirimkan , atau warna produk yang berbeda coba hubungi seller tersebut siapa tau memang seller lupa, siapa tau seller mau mengirimkan kekurangan barang yang harusnya kamu terima, ya maklum lah semakin banyak orderan maka seller semakin sibuk, namanya juga manusia maka wajar tidak terjadi kesalahan, kalau soal warna yang berbeda terkadang terjadi ketika warna yang kita harapkan tidak tersedia, beberapa seller yang baik terkadang memberikan konfirmasi dahulu, apakah berminat jika warnanya berbeda dengan yang diinginkan, tapi jika kamu tidak ingin ganti warna sebaiknya berikan pesan saat order, misal " jangan diproses jika warna tidak tersedia".


No comments:

Post a Comment