Saturday 17 February 2018

Beberapa Dosa Pengendara Sepeda Motor

Beberapa Dosa Pengendara Sepeda Motor


Di Indonesia alat transportasi yang paling terkenal dan paling banyak berseliweran di jalan raya adalah Sepeda Motor, namun beberapa pengendara sering kali atau tidak sadar melakukan kesalahan sepele atau kecil yang dapat mengakibatkan pengendara lain celaka bahkan pengendara itu sendiri. nah dengan latar belakang keresahan ane, berikut ane rangkum beberapa hal sepele yang dapat membuat celaka bahkan fatal akibatnya.

1. Tidak Menggunakan Helm Standar
Helm adalah piranti keamanan yang sangat penting, penting buat seseorang yang memiliki otak di kepala, bukan di dengkul, jadi usahakan kemanapun kamu pergi usahakan menggunakan Helm, tapi memang sih beberapa pengendara enggan menggunakan helm ketika jarak yang akan ditempuh cuman dekat, tapi yang perlu di ketahui kalau jalan aspal itu keras, ngga mandang mau dekat atau jauh, jujur saja ane juga kadang ngga pakai helm jika berkendaraan di dekat-dekat, tapi akhir-akhir ini ane biasakan pake helm, dan jangan lupa dikancing sampai bunyi "klik" yah.

2. Merokok Sambil Berkendara
Nah, terkadang ketika ane mau berangkat kerja atau pulang kerja ane liat di jalanan ada beberapa pengendara yang seenak udelnya sendiri, yaitu merokok sambil berkendara, efek yang pertama adalah fokus berkendara menjadi berkurang dan yang kedua abu nya bikin bahaya, misalnya bisa kena mata pengendara lain yang bisa kehilangan fokus saat berkendara, kalau kamu suka merokok sambil berkendara sebaiknya kaca helmnya kamu tutup, rasakan abunya dan pandangan tertutup asap !!!

3. Bermain HP sambil berkendara
ABG jiwa sosialita biasanya suka main HP sambil berkendara, ada yang balas chat, bikin instastory dll, sebenarnya hal ini dapat menimbulkan kejahatan, apa ngga takut kalau HP nya dicopet ? selain itu hal yang paling ane takutkan adalah fokus berkendara jadi berkurang, so jika kamu sering melakukan ini sebaiknya hentikan ya gaes, biar tidak merugikan kamu sendiri dan orang lain.


4. Ngobrol Sambil Berkendara
Ane masih heran dengan model pengendara ini, emang enak ya ngbrol sambil berkendara, maksudnya ini ngbrol dengan pengendara lain, sampai jejer 2 baris di jalan, selain memenuhi / menganggu pengendara lain , ngobrol sambil berkendara juga bisa fokus berkurang, dan bisa beresiko terjadi senggolan, mendingan ngobrol sambil ngopi-ngopi, bukan sambil berkendara, emange dalane mbahmu ?

5. Mak Kluwer / Belok tanpa lihat situasi
Ane perhatikan beberapa kecelakaan terjadi karena ada si mak kluwer , mungkin bagi si driver itu kaca spion cuman untuk ngaca aja, dipake dong buat tengok kanan dan kiri, apakah aman buat belok, yang dirugikan kebanyakan adalah pengendara lain, karena bisa bikin kaget.

6. TIdak melengkapi surat-surat dalam berkendara
Jika kamu dalam berkendara tidak membawa surat-surat , hal yang paling apes adalah saat ada razia, alhasil kita keluar uang buat membayar denda, so sebaiknya sebelum berkendara pastikan surat-surat sudah lengkap.

7. Berkendara sebelum waktunya.
Miris rasanya ketika ada anak-anak yang belum waktunya tapi sudah mengendarai sepeda motor di jalan raya, selain berbahaya bagi pengendara itu sendiri juga membahayakan pengendara lain, karena biasanya pendidikan atau pengalaman berkendara masih minim , pesan ane buat orang tua, sebaiknya jangan diperbolehkan menggunakan sepeda motor sebelum waktunya.

8. Tidak menyalakan lampu dimalam hari.
Ane heran sekali dengan tipe pengendara macam ini, ane curiga sama pengendara tersebut jangan-jangan mata nya sudah berinfrared, ane cukup ngeri juga dengan pengendara macam ini, karena terkadang hanya kedengaran suaranya aja tanpa ada wujudnya, ini cukup membahayakan diri sendiri dan orang lain, karena orang lain gak tau kalau ada motor alhasil bikin kaget, oiya selain itu terkadang beberapa sepeda motor lampu belakangnya ngga nyala di malam hari, padahal kalau di jalan raya ini sangat dibutuhkan, apalagi saat hujan, so coba cek motormu apakah lampu belakang nya nyala ? kalau tidak nyala segera diperbaiki.

9. Tidak mematuhi peraturan lalu lintas
Jika kamu berkendara apapun aturannya harusnya kamu patuhi, karena peraturan itu diciptakan bukan untuk sekedar gaya-gayaan , tapi ini adalah sebuah pedoman aturan, jika kamu melanggar kamu bisa mendapatkan hukuman dan bisa bikin celaka, ngga mau kan ?


Sebenarnya masih banyak lagi, tapi jujur saja ane capek nulis, jika ada kritik dan saran bisa tulis di kolom komentar..tetap safety riding ya gaes !!!



3 comments:

  1. ane paling menghindari untuk melakukan hal-hal yang sedemikian..
    tapi apa daya ternyata pengguna lain malah melakukannya, semoga kita selamat ketika di jalan, dan dhindarkan dari mara bahaya apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul...yang penting selalu berdoa sebelum memulai perjalanan dan jaga jarak aman

      Delete
    2. juga selalu waspada dan hati-hati lur

      Delete