Wednesday 21 February 2018

Kenangan Jaman SMA

Kenangan Jaman SMA


Jaman SMA merupakan jaman dimana seseorang merasa cukup dewasa, Siswa SMA kelas 1 biasanya umurnya 16 tahunan, memang banyak hal-hal yang cukup berkesan waktu jaman SMA, oiya ane cerita SMA karena dulu ane waktu sekolah pilih SMA, kalau ane pilih STM pasti ane bakal cerita tentang kehidupan waktu STM. 


1. Memilih Sekolah yang sesuai dengan kemampuan
ini awalnya , dulu waktu SMA ane bingung mau sekolah di mana,karena jujur saja ane gak pinter pinter amat, tp jg ngga bodo-bodo amat, biasanya ane ranking 10 besar dari depan belakang ketika SMP. haha, jadi di sini ane memilih sekolah yang nilai bawah nya ngga tinggi-tinggi amat, takutnya ngga keterima, tapi aturan sekarang kan berbeda, ada sistem zonasi.

2. Mengikuti MOS
sebenarnya ane juga males dengan MOS atau Masa Orientasi, biasanya siswa disuruh bawa barang-barang aneh, terkadang kakak pembimbing memberikan clue, jadi kita suruh nyari barang sesuai clue, kalau yang kita bawa salah maka kita akan mendapatkan hukuman, selain itu biasanya ada kegiatan baris berbaris, kalau disuruh ikut atau tidak ane jelas pasti pilih ngga ikut !!. eh tapi sebenarnya ini bagus juga hlo, bikin kita disiplin dan itung-itung anggap aja olah raga.

3. Mempelajari banyak ilmu
Kalau waktu kelas 1 SMA dulu ane mendapatkan pelajaran dari IPS atau IPA, ketika kita nilai IPA bagus maka kita akan masuk IPA, jika ngga memenuhi maka masuk IPS, tapi beberapa sekolah menerapkan penjurusan sejak awal. dulu waktu ane SMA kelas 1 belum , pusing-pusing dah banyak mempelajari banyak ilmu

4. Mengikuti Kegiatan extrakurikuler
Seingatku dulu ada extrakulikuler wajib dan pilihan, untuk wajib adalah Pramuka, masih ingat ? biasanya diadakan setelah kegiatan belajar  berakhir, biasanya 3jam an, dan pada akhir semester biasanya di adain kemah, untuk pilihan yaitu terserah si murid mau ikut apa, kalau ane dulu ambil Bulletin, gak tau kenapa dulu ambil itu.

5. Berangkat Pagi demi mengerjakan PR
Ini jangan di contoh ya, gak baik, dulu ketika banyak PR terkadang malas buat mengerjakan, alhasil biasanya yang ngga ngerjain berangkat pagi lalu mengerjakan PR disekolah, lebih tepatnya mencontek pekerjaan teman :D.

6. Kerjasama saat ujian
haha, kerjasama dalam hal ini ngga baik hlo jangn ditiru yah, tapi pasti dari kalian juga pernah melakukan ini, jujur saja ane waktu SMA ngga suka sama matematika, jadi ya terpaksa kerjasama dengan temen ane yang payah di pelajaran tertentu dimana ane cukup dianggap bisa, ya semacam simbiosis mutualisme

7.Ujian Semesteran adalah hal yang enak dan ngga mengenakkan
Ane cerita ngga enak nya dulu, ngga enaknya adalah ujian tadi, kalau nilai kita jelek pasti dimarahin ortu, terkadang kita lulus nilai minimal dengan mengikuti Remidi,kasihan ya. untuk enaknya adalah habis ujian liburan, biasanya 2 minggu, dan beberapa hari setelah ujian biasanya ada jam kosong, nah ini terkadang dimanfaatkan buat class meeting, atau kegiatan sekolahan, dan yang jelas selama ujian semesteran kita bisa pulang lebih awal dari biasanya. haha

8. Pengambilan rapot adalah hal yang bikin dagdigdug
Setelah ujian selesai lalu pembagian raport, waktu ane sekolah dulu yang ngambil orang tua, selain ngambil biasanya juga orangtua dikasih tau tentang kelakuan anaknya selama disekolah, misalnya anaknya terlalu pendiam, suka bikin onar, lalu dengan begitu orang tua tau kelakuan anaknya. tapi beruntung dulu waktu SMA suka ngga dikasih ranking, haha, mungkin tau kalau dikasih ranking maka malah bikin nyesek. 

9. Persahabatan yang cukup kuat(pada waktu itu)
Enaknya SMA adalah temannya itu-itu aja, dengan begitu maka kita terus ketemu dan membentuk persahabatan yang cukup kuat, jujur saja persahabatan teman kuliah dan teman SMA masih kuat teman SMA, beberapa teman yang sering ketemu saat ini juga kebanyakan teman SMA dulu.

10. Kelulusan
Momen senang dan sedih jadi satu, senang karena pada akhirnya kita sudah naik level untuk naik ke pendidikan jenjang selanjutnya bagi yang ingin , sedihnya adalah kita berpisah dengan teman-teman, moment tangis-tangisan pun biasanya menyelimuti saat kelulusan, takut ngga bisa ketemu lagi, jujur saja ane juga cukup sedih ketika ngga bisa bertemu seperti dulu, tapi ya namanya hidup, harus terus berlanjut.

Ketika menulis artikel ini tiba-tiba ane kangen sama temen-temen semasa SMA dulu, karena waktu SMA adalah salah satu best moment menurut ane, kalau pas kelas 1 dan kelas 2 ngga terlalu memikirkan beban, baru kelas 3 yang memikirkan apakah mau kerja / kuliah dimana, adakah moment yang menarik waktu kamu SMA ? boleh tulis di komentar sob...


4 comments: