Saturday 16 January 2021

Mencari sumber bunyi kaki kaki di mobil

 Mencari sumber bunyi kaki kaki di mobil


ane pengen bahas nih mencari sumbur bunyi bunyian pada kaki yang kemarin ane lakukan dengan tetangga ane, jadi mobil ane tuh sering ada bunyi krengkit2 ketika melewati jalan berlobang, udah hampir mirip dengan mobil yang gak keurus, memalukan dah kalau lewat banyak orang, suaranya kayak truk muatan pasir penuh.hehe


kemarin waktu ganti bearing dan ganti shock ane juga ada spare uang buat beli balljoint, karena ane merasa ball joint atas kiri ada suara krengkit krengkitnya, nah kemarin ternyata bener, untuk nyari sumber suara gimana ?

untuk nyarinya sih gampang karena tinggal digoyang goyangkan, nah sayangnya jika hanya seorang diri maka kita gak tau tu letaknya dimana, karena mengingat kaki kaki ini ribet, apalagi kalau mobil blazer, banyak sambungan sambungannya. nah kemarin dikasih trik sama tetangga jadi kemarin ane yang goyang goyangkan mobil, ane naik tuh sisi kiri dan ane encot encotkan mobilnya..wqwqwqw encot encot adlaah goyang goyang guys.

alhasil menghasilkan suara ncit ncit ncit kayak besi beradu, nah trik tetangga ane adalah diraba bagian yang dicurigai bunyi lalu ditempelkan tangannya ke bagian yang dicurigai, kalau ditempel tidak ada berasa getarannya maka berarti normal, nah kalau ada getaran saat bunyi ncit ncit berarti itu yang harus dicek.

kemarin di blazer ane sumber bunyi yang keras ada di balljoint atas, bener nih feeling ane, jadi setelah dilepas dan dicek dalaman ball join udah longgar, jadi gerakan di dalam balljoin otomatis oblah nah ini jadi sumber bunyi, ini dari ane beli balljoin atas kiri emang belum tak ganti sih. kemarin ane beli merk zanetol karena dari segi fisik kayak meyakinkan daripada merk central, ane pakai merk central diroda kanan malah karet balljoint nya udah pada getas, padahal blm setaun.wkwkw trus ane ganti juga dengan ball join yang lama dan masih goodcondition.

ternyata sumber gak ada disitu guys, setelah terpasang ane coba dijalan yang jelek emang gak ada suara aneh lagi, nah setelah melewati polisi tidur ada suara, lalu ane bawa kerumah tetangga buat dicek lagi, ternyata setelah dicek idle arm kayaknya udah kena nih, karena ada space nya, lalu tierod end ketika di goyangkan jg  ada getaran "greg greg nya" berarti ini abnormal atau udah gak da pelumasnya didalam. 

oiya ternyata karet karet kaki kaki ini gak boleh kena gemuk or grease guys, jadi jangan kasihkan or disemprot yang berbahan dasar minyak, beli silikon spray biar karet awet. jangan olesi minyak, ya...sekian dan terimakasih








No comments:

Post a Comment