Wednesday 9 May 2018

Pengalaman Scaling Gigi

Pengalaman Scaling Gigi


Halo gimana kabarnya nich gaes ? maaf ane hampir 1 bulan lebih gak update artikel, bukan karena sibuk tapi karena males aja. tapi ane ada ide nih buat artikel baru, yaitu pengalaman beberapa hari yang tentang pembersihan karang gigi atau sering di sebut dengan scaling gigi.
    
     Jadi Ceritanya ane tuh punya karang gigi di bagian gigi bawah depan, sudah cukup lama sebenarnya tapi setelah ane amati kok makin lama karang gigi makin banyak,ane kwatir juga kalau ane biarain takutnya makin parah lalu merusak gigi ane dan melukai gusi, kalau belum tau karang gigi itu terbentuk karena adanya sisa makanan yang menempel di gigi yang terus menumpuk, nah jujur saja selama ini salah dalam merawat kebersihan gigi, harusnya jangan sampai karang terbentuk banyak baru dibersihin, tapi sedini mungkin biar ngga makin banyak, ane juga kalau sikat gigi pas mandi aja (nb: mandi 1 hari 2x). Ane kira sudah cukup ternyata salah besar, yaitu ane gak sikat gigi habis sebelum tidur. 


      Untuk Proses pembersihan karang gigi menurut apa yang ane alami adalah dengan menggunakan bor yang biasa digunakan untuk menambal gigi, kalau belum pernah menambal gigi pasti rasanya linu sekali,ane dah beberapa kali nambal gigi tp tetep ngilu juga pas kemarin karangnya gigi nya dibersihin. alatnya ada 2, sebelum di bor dikasih cairan dulu untuk membersihkan karang, sama dokternya cairan tersebut di oleskan ke gigi kita, setelah itu baru dibor mana yang ada karangnya, kebetulan karang gigi yang ane punyai cuman di depan gigi bawah aja, di sela sela gigi bawah karang gigi tumbuh subur. jadi di bor dulu karangnya biar lepas, setelah itu ada alat berbentuk besi yang ujungnya kecil digunakan untuk mengambil dan membersihkan karang gigi yang berada di sela sela gigi kita, gak sakit kok, masih sakit ditinggal sama seseorang pas kita lagi sayang-sayangya :D. ane sempet nahan juga karena sempet ngerasain ngilu ketika dibor. jadi nanti kita sering di suruh kumur dalam proses pembersihan dengan menggunakan air biasa yang bertujuan biar menghilangkan karang yang sudah lepas yang berada di mulut kita. 


     Waktu proses pembersihan tergantung dengan tingkat kesulitan dan banyaknya karang , kalau ane kemarin kira kira 15-20 menitan aja, karena memang hanya gigi depan bagian bawah, setelah dibersihkan gigi ane jadi ada rongganya, memang dulu ngga ada rongganya karena di susupi karang, tapi ya gimana lagi,ane kurang suka gigi berongga tapi karena itu karang maka harus dihilangkan, efeknya gigi kita jadikeliatan mengecil dan tentunya karang gigi hilang. untuk biayannya variasi, kemarin ane bersihin di dokter praktik dirumah habis 150rb, kalau kamu pemegang BPJS sebenarnya bisa memanfaatkan itu, tapi emang ane orangnya males ribet jadi ane lebih prefer ke dokter gigi langganan ane. oiya jika kamu punya karang gigi segera di bersihkan aja karena itu bisa merusak gigi dan melukai gusi kita, karena ketika plak nya makin banyak maka karang akan mengikis gusi, alhasil ketika sudah banyak dan dibersihkan maka gigi kita terlihat panjang-panjang, gamau kan ? dan jangan lupa minimal 1 taun sekali kita ke dokter gigi untuk periksa, lebih baik lagi kalau 6 bulan sekali. dan jangan lupa rawat kesehatan gigi kita dengan baik.


Segini dulu ya sob, ada pertanyaan bisa tulis komentar atau kontak ane di about 

No comments:

Post a Comment