Wednesday 16 May 2018

Kenangan di Bulan Ramadhan Waktu Kecil Dulu

Kenangan di Bulan Ramadhan Waktu Kecil Dulu


Gak terasa sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan 1439 H/2018 M, padahal perasaan bulan puasa baru kemarin, syukurlah kita saat ini masih bertemu dengan Bulan yang di tunggu-tunggu umat Islam dengan keadaan sehat wal afiat. jadi ane terbersit ingin membuat artikel tentang masa masa kecil dulu saat di bulan Ramadhan, mungkin pengalaman ini akan berbeda dengan kamu, ya cuman share aja sih, semoga menghibur.


Ikut Bukber, nah kenapa ane nulis ini ? karena jujur saja ane taun kemarin ane jarang sekali ikut bukber di masjid komplek ane, paling pas libur kerja aja,yaitu hari minggu yang dihadiri oleh semua warga berbagai usia, selain hari minggu bukber hanya diikuti oleh temen sepermainan(anak-anak), ya jadi inget dulu pas ikut bukber jarang sekali mendengarkan ceramah, malah suka gojekan sama temen lain, dan ane malah jadi kangen temen-temen ane yang sekarang sudah pada merantau ke luar kota bahkan ke luar negeri.

Jalan-Jalan sehabis sholah Subuh,  jadi dulu waktu ane kecil temen-temen suka ngajakin jalan-jalan sehabis sholah subuh, ya terkadang cuman sekedar mencari angin segar ,kadang juga sambil nyumet mercon . bagaimana dengan ane sekarang ? ane sekarang jarang sekali sholah jamaah di masjid, paling dirumah aja, cuman sekali dua kali aja seingatku pas dulu di bulan Ramadhan 2017 #jujur

Tidur Di Masjid, nah ini salah satu kegiatan favorit waktu kecil dulu, jadi dulu setelah tadarus biasanya kita tetap di masjid, kita pulang cuman ambil pakaian ganti aja, biar gak kedinginan. ini sangat mengesankan dan paling ngangenin, kalau sekarang ane sehabis Sholat tarawih langsung pulang :(. generasi "tidur di masjid" sudah tidak ada lagi. 

Ikut grebek sahur, kalau di daerah ane sering disebut dengan istilah "klothekan" biasanya kita memakai alat seadanya yang penting ada bunyinya, contohnya kaleng bekas, kentongan, jerigen air, galon, tutup panci dan alat-alat asal berbunyi lainnya, sebenarnya "Tidur di masjid" adalah bertujuan untuk menjalankan misi ini. grebek sahur di tempat ane biasanya dimulai dari jam 2.30 pagi kita keliling komplek lalu jam 3.30 an biasanya sudah selesai, setelah itu kita pulang buat sahur. cukup efektif untuk membangunkan warga.

Mengisi Buku Amaliah Ramadhan, kalau gak salah pertama kali di kasih waktu SD entah kelas berapa yang ane inget isinya itu kita disuruh mengisi tanda tangan imam sholah tarawih, menuliskan isi ceramah sholat jumat , dan minta tanda tangan ortu menjalankan sholat 5 waktu, menurut ane bagus juga sih tujuannya, tapi entah kenapa dulu ane males-malesan ngisi buku ini, jujur saja dulu ane suka malsu ttd pak imam sholat tarawih #oops, soalnya terkadang ane males minta ttd. biasanya dulu banyak isian yang bolong, pasti kalian juga kan ?hehe

Membuat Mercon bumbung, kalau di daerah ane biasa disebut dengan "seblong" . jadi itu terbuat dari bambu yang dipotong lalu nanti di ujung bambu di lubangi yang berguna untuk nyumet. Cara kerjanya yaitu memakai minyak tanah di taruh dalam bambu tersebut lalu kita sumet di bagian bolongan tadi. Seingatku dulu minyak harus panas dahulu biar mercon bumbung bisa bunyi, biasanya anak-anak yang suka nyumet mercon jenis ini alis atau bulu mata nya suka terbakar, karena setiap nyalain mercon bumbung harus meniup asapnya keluar terlebih dahulu sebelum di sumet lagi dengan menyebul bagian depannya, alhasil asapnya panas bau bau gosong dari alis / bulu mata muncul. kalau sekarang biasanya di ganti dengan pipa, untuk bahan bakar menggunakan spritus, ya soalnya jaman now minyak tanah tidak seperti dulu, sekarang jarang sekali warung yang menjual minyak tanah. biasanya dulu main mercon bumbung saat setelah sholat subuh atau menjelang buka puasa.

Diem-Diem membatalkan puasa, ane inget dulu pernah melakukan ini, ya maklum masih anak-anak, tapi gak sering kok sesekali aja, karena masih belum kuat, dulu ketika orang tua pada bekerja kebetulan dirumah ane cuman sama nenek, yaudah ane diem diem minum atau makan, ketika orang tua nanya apakah membatalkan puasa ? ane jawab tidak, haha. jangan ditiru ya, ini waktu kecil kok. 


Segitu dulu ya sob kenangan dari ane, kalau ada kenangan dari kamu boleh kok share di kolom komentar, sekalian nostalgia. Oiya saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1439 H bagi yang menjalankan, semoga diberikan kelancaran, amin..dah dulu ya..byebye




No comments:

Post a Comment