Thursday 11 March 2021

Cara mengisikan info pajak di Adsense

 Cara mengisikan info pajak di Adsense



Selamat pagi siang sore malam guys, jadi beberapa waktu lalu happening banget ada info kalau kita harus inputin info pajak di Adsense biar tidak kena potongan 30 persen saat pencairan nanti, beruntung nya ane gabung di Google adsense indonesia grup Facebook , jadi ane notice lah, kalau gak nglampirkan payout nanti bisa kena potongan 30 persen, padahal gajian aja 1 tahun sekali wkwkw.

gak banyak bicara daripada tangan ane berbusa maka langsung saja ane akan share step stepnya, FYI di tutorial ane ini udah ada NPWP atas nama sendiri yak guys, jadi case disini adalah ane mengisikan NPWP atas nama sendiri dan akun adsense yang atas nama ane sendiri juga, 

1. kita masuk ke google adsense,

setelah itu bisa masuk ke menu pembayaran lalu kelola, tapi kalau ane sih lewat notif saja, klik notifnya, disitu kita mendapatkan info , lalu ane pilih kelola, biar halaman akan mendirect sendiri.

2. setelah itu halaman akan tertampil seperti ini.



setelah itu klik tambahkan info pajak guys, capcus cyin.

3. setelah klik selanjutnya tadi kita akan diarahkan ke halaman login, pilih login di user adsense kita , login langsung saja

4. setelah itu akan muncul info dengan judul "info pajak Amerika"
kita bisa baca baca dulu untuk lebih detailnya, tapi karena ini adalah akun perorangan maka ane pilih perorangan, lalu lanjut berikutnya.

5. setelah itu ada pertanyaan "apakah anda warga negara atau penduduk AS ?
saya jawab tidak karena saya jelas warga Indonesia distrik Bantul Selatan. lalu klik selanjutnya

6. di sini kita akan di sodori tipe formulir pajak guys, kita pilih yang W-8BEN, intinya formulir yang bukan orang Amerika guys. walaupun gaya bicaramu ke western western an tapi kamu adalah warga Indonesia dan tinggal diindonesia maka pilih ini ya.
setelah pilih W-8BEN pilih Mulai Formulir W-8BEN

7. di sini kita inputin data sama dengan NPWP kita, kebetulan nama ane Denny Widyatmoko jadi ane inputkan itu. 
di sini ane skip Nama DBA, lau isikan NPWP di TIN asing, nah untuk pengisian gak pake tanda baca titik atau strip, angka angka nya aja lalu berikutnya,


8. selanjutnya adalah isian alamat.

disini ane isikan sesuai alamat di NPWP gengs, ikuti aja lalu selanjutnya,

9. nah ini adalah bagian yang penting, intinya disini kita akan ngklaim potongan pajak.

ada 3 point disini,  ane pilih "YA" lalu inputkan Indonesia guys,
lalu selanjutnya akan ada info Tarif dan Ketentuan Khusus.
ada 3 point yaitu mengenai Layanan (adsense) klik dropdown dan pilih pasal 8 ayat 1, disini dropdown tarif pemotongan pajak pilih yang 0 %, lalu jangan lupa checkbox di centang, point lain adalah Film dan TC (youtube, google play) ini pilih pasal 13 ayat 2, lalu tarif pemotongan pajak pilih 10 persen %, jangan lupa centang juga ya sob, selanjutnya point terakhir mengenai Hak cipta lainnya ( youtube , google play ) ini pilih Pasal 13 ayat 2, lalu untuk tarif pemotongan pilih 10 persen. lalu berikutnya ya.


10. halaman adalah pratinjau dokumen
disini kita bisa ngpreview gitu , tapi ane langsung aja centang saya menyatakan bahwa ..blablablabla. lalu klik berikutnya.

11. selanjutnya adalah halaman sertifikasi, lalu ane isikan tanda tangan dengan mengisikan nama resmi , lalu ane pilih juga, yang pilihan atas . sesuai gambar dibawah ini untuk isian ane.
12. selanjutnya bagian Aktivitas dan layanan yang di jalankan di AS dan Affidavit.
di sini ane pilih tidak lalu centang juga ya guys. dan point pernyataan tertulis perubahan status ane pilih yang atas, entah ane kurang tau bedanya apa nih..wkwkw ane ngikutin tutorial di youtube aja, kalau ada yang tau kasih tau ya, lalu nae klik kirim.

13. tadaaa disini proses pengisian info pajak sudah selesai, kalau disaya seperti ini tampilannya.


di situ ada keterangan status, punya ane udah disetujui, lalu untuk klaim pemotongan pajak juga sudah diklaim. sesuai gambar atas.


terimakasih ya sob sudah mampir di blog ane, untuk case lain ane kurang tau ya, ini adalah akun atas nama KTP saya pribadi dan NPWP pribadi,  


No comments:

Post a Comment