Friday 15 February 2019

Tips Biar Laptop Awet

Tips Biar Laptop Awet


Hai sobat sobatku , gimana kabar nya neh. cuss langsung saja, laptop buat sebagian orang adalah hal yang sangat dibutuhkan entah buat kerja , hiburan atau cuman internetan, tapi tau gak sih ada beberapa hal yang bikin usia laptop pendek, memang sih ya kita gak pernah tau usia elektronik itu bisa panjang or gak, terkadang kayak gitu juga untung-untungan, tapi kan kita bisa meminimalkan kerusakan, yuks simak berikut.


1. jangan hidupkan laptop tanpa baterai.
kenapa soalnya kalau terjadi lonjakan tegangan maka listrik tidak melalui baterai dulu tapi langsung ke hardware, selain itu melepas baterai akan mengakibatkan laptop mati mendadak jika listrik mati, biasanya sih ya kerusakan akan terjadi di mainboard. jangan dah mulai dari sekarang, mendingan baterai kita yang drop daripada reparasi mainboard laptop, karena walaupun di reparasi keawetannya sudah beda.

2. jika baterai sudah penuh segera cabut
yups terkadang ketika kita make laptop maka kita suka nya sambil ngecas, akibatnya kita kadang lupa tuh mencabut colokan  charger, alhasil overcharge sehingga cell baterai rusak mengakibatkan drop, selain itu jangan sampai laptop mati karena kehabisan baterai ya, karena hal tersebut bikin cell baterai cepat rusak jg dan nanti ngdrop an.

3. jangan simpan laptop di tempat yang lembab dan sering sering dipake.
nah ini nih beberapa temen ane mengeluh laptop gak dipake malah rusak ya, harusnya kan awet..salah besar kalau mengganggp seperti itu, karena jika kamu menyimpan ditempat lembab maka menyebabkan komponen laptop ada yang jamuran, contoh nya keyboard,efeknya jika keyboard jamuran maka beberapa tombol pasti akan mencet sendiri, untuk penggantian sih untuk laptop standar sekitar 150rb -300rb. tergantung tipe dan merk. ya jika kamu gak sempet ya usahakan dalam waktu 3 hari sekali nyala lah laptopnya.

4. bersihkan lubang keluar angin jika kotor.
nah di laptop kita kan pasti ada lubang di body yang berguna untuk mengeluarkan udara panas biasanya dipinggir, nah kalau main laptop lubang itu jangan biarkan tertutupi oleh suatu benda, nah ada tipe orang yang suka main laptop di kasur, alhasil lubang tertutupi dan udara panas di dalam laptop tidak keluar, ini mengakibatkan panas berlebih didalam laptop, menyebabkan komponen usianya pendek karena kepanasan, panas berlebih bisa dibantu dengan cooling pad, tapi belilah cooling pad yang bagus, jangan yang ecek-ecek, karena kalau ecek ecek malah menyebabkan sirkulasi udara terganggu.

5. hindari goncangana atau benturan pada laptop.
manusia aja kalau tergoncang bisa menyebabkan stress apalagi laptop yang notabene buatan manusia, goncangan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dalam, bisa juga LCD nya kena kalau terkena benturan, kalau ganti LCD mahal sob, bisa hampir 1 jutaan.

6. Jangan keseringan buat nggame berat.
berdasarkan wejangan tetangga ane kalau punya laptop itu jangan buat nggame, kalau nggame pake pc aja, karena kalau ada kerusakan hardware perbaikan di laptop itu mahal, yups ini beneran hlo, kan kalau buat nggame berat laptop akan menggunakan seluruh kemampuannya sehingga kipas didalam laptop akan muter kenceng, nah lama lama nanti komponen di dalamnya bisa overheat sob, biasanya sih kerusakan di mainboardnya kalau keseringan buat nggame, tapi untuk laptop gaming kali usianya bisa panjang karena memang didesain untuk nggame.

7. dibikin dual boot.
kamsud ane bisa install OS windows sama OS linux, gunanya kalau kita ngopy ngopy file bisa pake OS linuxnya, karena virus windows tidak jalan di linux cuy, sehingga aman. repot kan kalau kena virus, bisa install ulang.

Segitu dulu sob tips dari ane, kalau ingin menambahkan bisa tulis kolom komentar, ada pertanyaan bisa tinggalin di kolom komentar juga or hubungi via about me..daa byebye


No comments:

Post a Comment