Saturday 2 February 2019

Band - Band an jaman SMA

Band - Band an jaman SMA


Halo om tante mas mbak, dulu jaman SMA ane pengen banget bisa main gitar, yaudah ane beli gitar bolong abal-abal di toko yang bukan spesialis alat musik, asal-asalan , eh ternyata fretnya gak rapi, alhasil senarnya ketika di pencet di fret tertentu maka suaranya gak keluar karena senar kena fret.


      Nah itu pengalaman beli gitar kopong yang paling mengenaskan, karena pas beli gak dicek sama sekali, wkwkwk asal-asalan banget, habis itu beli gitar kopong yang abal-abal tapi suara gak nyangkut nah ini buat latian dirumah. oiya di sini ane gak pinter dalam bermusik ya cuman asal-asalan aja, ngandelin chord gak bisa cari sendiri #manja memang ..:D

     nah berhubung ane suka gitaran di rumah lalu ada temen temen ane di kampung ane yang suka ngdrum sama ngebas sama nyanyi alhasil kita membentuk grup band, yah sekedar buat mengisi waktu luang pas di akhir pekan atau pulang sekolah kita nyewa studio musik, di sini ane grogi sekali kayaknya ini kelas 1 SMA atau 2 SMA, ya maklum dengan skill ecek-ecek , malu kalau di liatin sama penyewa lainnya, haha, masih ingat dulu nyewa studio 1 jam nya sekitar 10rb - 15rb an, kita patungan biasanya kita bagi rata, nah pertama kali masuk studio musik ane tu bingung nyetting sound sound nya sama nyetting settingan di efek, yah maklum ane gak paham begituan, nah nyebelinnya kadang dapet gitar yang senarnya karatan, bikin nyayat jari jari, habis gitu suaranya gak bagus kalau karatan, hmm begitulah. nah ane juga kan kadang gak bisa kalau make efek digital, settingannya terlalu rumit buat ane. lagu-lagu yang kita bawakan dulu seperti lagunya st12 sama SID, nah SID ini kunci kuncinya gak rumit, malah enak , cuman melodinya kadang agak susah, hoho tapi waktu itu dibantu sama namanya guitar pro,wqwqwqwqw kalau gak tau googling aja, chordnya pun dibantu sama ultimateguitar, nah ini jadi rujukan ane sampai sekarang..haha.

    ngomongin gitar lagi, dulu ane pernah dibelikan kakak ane gitar Ibanez, tapi sayangnya gak ori tapi custom RG 300 apa berapa yah dengan warna kuning tapi skin nya natural gitu, gak paham namanya apa, dengan harga 1.5 jt barunya, oiya ane milih gitar ibanez ini karena fretnya 24 jadi kalau butuh mencet fret yang tinggi enak, nah sayangnya disini tremolo nya up down, kirain gampang nyetem senarnya ternyata susah sob, apa mungkin gitarnya customan kali ya, jadi ketika di setem kadang senarnya suka gak stem lagi gitu, untuk nyetem nya pun gak bisa sembarangan, karena senar bisa putus kalau gak berurutan, musti buka lock senar dulu pake kunci L, nah karena males akhirnya trremolo ane ganjel pake baterai jadi fungsi updown gak berfungsi lagi.


terus karena dengan ksibukan yang lumayan pas kuliah dan ngband sama temen sekampung berhenti akhirnya gitar ane jual dengan harga 900rb, dengan uang 900rb ane kok berfikiran pengen beli gitar akustik elektrik yang bermek dan ori, akhirnya ane memutuskan beli gitar cort yang harga 1.4 an, suaranya sih bagus. zaizalah wong ori. sejak saat itu ane berfikiran kalau beli gitar mending yang ori sekalian, walaupun serinya rendah, karena kualitas pabrikan tidak bisa bohong. hoho. oiya dengan ane suka badn-band an sama temen sekampung kadang ane sama tmeen temen dimintain tolong untuk mengisi acara,ada kebanggan tersendiri gitu pernah tampil dipanggung walaupun cuman di kampung sendiri. ane tegaskan skill ane ecek ecek, gak pro lah..haha. 

******

ngomongin penyewaan studio ane jadi sedih, sekarang studio yang dulu ane pernah sewa lambat laun makin sepi, malah ada yang tutup trus ada yang ganti bisnis atau berubah jadi sewa alat dan sound, ane amati memang generasi jaman sekarang di sekitar ane kok kayaknya perubahan trend hiburan, ya maklum dulu gak ada hp android dengan segambreng aplikasi dan game menarik jadi dulu hiburannya nongkrong dan gak jelas, dan sekarang hiburan gampang dicari , sambil tiduran bisa nggame , wa nan , dan lain lain, memang mengumpulkan orang untuk ngband bareng itu susah, terbentur waktu misale, apalagi salah satu udah ada yang kerja shift2 an, hehe dah gitu kadang kan kita janjian besok mau latian lagu apa, nah dirumah kita kadang ngulik melodi melodinya atau chordnya gitu, sungguh hiburan yang perlu effort gitu, selain itu mungkin perubahan trend musik juga, kalau sekarng suka yang ada elektronik2 nya atau EDM2 an .ane pikir masa keemasan penyewaaan alat musik di sekitar ane terjadi sekitar taun 2010 ke bawah, ya sesuatu memang pasti ada masa senjanya, huuhu. kalau dulu kadang booking studio gak dapet kalau sekarang mungkin kapan aja selalu luang studionyam, bahkan ada juga studio yang gak buka , tapi buka ketika pas janjian aja. mungkin pemilik males nungguin kali ya, karena sepi..kasian :(.

segitu dulu sob pengalam ane bermain musik, itu kira kira tahun 2008 sampai 2012 an kayaknya. sampai sekarang pun skill ane masih ecek-ecek, genjreng genjreng gak jelas..ahaha.

No comments:

Post a Comment