Tuesday 6 November 2018

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS 2018

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS 2018




Siapa sih yang gak pengen jadi PNS ?hahhaha...jadi beberapa waktu yang lalu ada pembukaan lowongan CPNS, yang dibutuhkan cukup banyak lah, tapi kuota terbanyak adalah untuk posisi Guru dan Tenaga Kesehatan, wow kesempatan banget, lalu ane sebagai lulusan Sistem Informasi ambil apa  nih ? ambil hikmahnya ajaaa.....haha bercanda.


     Karena di Pemkot  Yogyakarta ada lowongan dengan kualifikasi pendidikan S1 Sistem Informasi yaitu posisi yang ane lamar Analis Data. yang di butuhkan berapa coba ? hanya satu gaes...yang daftar lolos administrasi ada 150an peserta lebih, beruntung ane salah satunya. Flashback..sedikit ingin memberikan komentar tentang proses registrasi , pertama calon pendaftar menginputkan no KK dan KTP..oiya bukan KK slank hlo yaa. setelah itu setelah berhasil login kita menginputkan data diri kita, jika ada kendala maka kita harus ke dukcapil dulu gaes, biar bisa login, kalau gak salah mencetak pendaftaran dulu sebelum mengisikan data diri dan mengunggah foto selfie dengan memegang kartu pendaftaran , setelah itu kita memilih posisi yang ingin dilamar , setelah itu kita upload berkas, untuk posisi yang ane lamar berkasnya gak nyusahin dan gak ribet, cuman Scan Ijazah, Scan Transkrip, FC KTP, Surat Lamaran dengan disertai materai, Surat Pernyataan tidak masuk penjara dengan materai juga, setelah itu beres, tinggal menunggu pengumuman lolos administasi, ane pernah nyoba CPNS 2017 ane seleksi admin aja gak lolos..ckckc nah enaknya sistem pendaftaran taun ini sudah lebih maju, server gak down2 banget lah, sama pendaftar bisa mengganti posisi yang ingin dilamar dan bisa mengedit dokumen yang sudah diunggah, CPNS pada taun 2017 dokumen yang sudah diunggah tidak bisa diedit, jadi kalau salah sangat merugikan pendaftar

     Nah ane ceritakan pengalaman barusan banget, barusan ane mengikuti Test dengan CAT , computer assisted test . kita ngerjainnya dikomputer aja gak tes tertulis pake kertas, ane ceritain dari awal ya. persiapan yang perlu dibawa sesuai ketentuan posisi ane adalah KTP, Kartu Ujian, dan Foto 4x6, kata mbak2ny tadi pas foto gak dibutuhkan jika foto di lembar kertas kartu ujian sudah tercetak jelas , nah ane sudah terlanjur bawa pas foto padahal cetakan kartu ujian bagian foto ane dah jelas, gak papa lah.

     okay, jadi ane dapet jadwal test CAT jam 13.00 Siang, ane tes nya di gedung Graha Warna Bhakti Yasa atau dekat GOR Amongrogo, timurnya Stadion Mandala Krida, yup nyampe sana ane jam 12.30 setelah itu nunggu mbak mbak petugas registrasi ulang , jam 1 siang dah siap, kita tinggal tanda tangan aja sesuai dengan nama kita yang tertera, setelah itu kartu ujian kan ada 2 bagian nah yang satu kita kasihkan sama petugasnya, sama petugasnya di minta lalu kita mendapatkan cap stempel di tangan kita, macam masuk club gitu lah gaes...  lalu di sana kita disuruh untuk menitpkan barang bawaan kita, kita hanya diperbolehkan bawa KTP,Kartu Ujian, dan kartu nomor penitipan barang kita. saking ketatnya jam tangan, perhiasan , bros pun gak boleh dibawa . tapi ane salut karena penitipan cukup aman, ada petugas nya dan di tata rapi, jadi barang aman dan kita dikasih nomor penitipan. Lanjut..

    Nunggu nya sebelum masuk ke ruang ujian cukup lama, kira-kira 30 menitan, beruntungnya ane suka bergaul jadi ane ajak ngobrol orang yang dideket ane, proses urutan masuk ke ruang ujian pun terbilang cukup tertib, wanita hamil didahulukan lalu dilanjut oleh wanita setelah itu baru cowok - cowok, oiya sebelum masuk kita di periksa dulu, jika kita lolos pemriksaan maka kita dikasih surat cinta kertas buram sebagai tempat untuk coret-coretan. oiya di dalam juga udah ada petugas pemandu urutan tempat duduk kok, jadi gak bikin bingung.

    Nah setelah semua peserta masuk lalu ada sambutan sebentar setelah itu diputerkan video simulasi cara login dan perhitungan nilai tes, maksud ane passing gradenya. Jujur ane gak dengerin masalah ini jadi ane gak tau detailnya, 

    Setelah login ane di suguhkan makan dan minum soal sebanyak 100 biji pilihan ganda dengan waktu pengerjaan 90 menit aja, 100 soal itu terdiri dari soal TIU,TWK dan TKP, apaan tuh ? TIU adalah Tes intelegensia Umum, TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaan dan TKP adalah Test Karakterisitk Pribadi, menurut ane untuk wawasan kebangsaan soalnya hampir sama dengan pelajaran waktu SMP,SMA dan kuliah dulu, tapi sayangnya ane gak belajar, lebih tepatnya males belajar..wkwkw. sedangkan untuk TIU ada yang berbentuk tes logic , aritmatika dan ada soal kayak matematika jaman SMA, tidak beruntungnya lagi ane gak suka matematika, selanjut untuk TKP itu soalnya kita semacam memebrikan sebuah respon terhadap sebuah kasus, memang tiap jawaban terlihat hampir mirip, kalau untuk penilian TKP itu tiap butir jawaban mempunyai nilai skor sendiri  , nah pengalaman tadi tuh ane gak persiapan apapun , macam mau diving di laut tapi gak pake apa-apa, bisa dikatakan bunuh diri..hahah, gak tau kenapa semenjak kerja tuh males banget buat baca baca buku, uhuuhuh....

    Tepat kurang sepuluh menit ane keluar , karena jujur ane kebelet pipis dan disampign itu ane juga bingung mau ngpain, mau benerin jawaban juga percuma,ane kagak tau..wkwkw jujur saja untuk TWK dan TIU itu cuman jawab asal...huhu kayak gini mau jadi PNS ? ngimpi dah...

     Jeng...jeng..jeng..setelah ane klik button selesai skor langsung muncul, skor TWK ane 40..wkwkw patut dipertanyakan nih kebangsaan ane aslinya mana, lalu Skor TIU ane 70 , Skor TKP 143 nah memang sih kepribadian ane bagus ...#SombongDikit,,dan totalnya cuman 253 aja..padahal lainnya banyak 300an, disitu ane ngrasa tulul... tapi gak papa lah setidaknya ane merasakan euforia CPNS.

   Akhir kata, bagi yang lolos tahap ini semoga kalian lanjut ke tes selanjutnya lalu di terima, dan bagi yang gak lolos mungkin belum saatnya atau bisa jadi  kamu ditakdirkan untuk jadi pengusaha ternak undur-undur..HHAHAHHA #KetawaJahat. semoga pengalaman ini menghibur dan bermanfaat..bye bye makasih kakak sudah mampir...:*
        




20 comments:

  1. puja kerang ajaib... ululululuuuuu

    ReplyDelete
  2. oo gitu ya gan. makasih ya gan infonya.

    ReplyDelete
  3. Gan cara agar nama blog tidak ada di judul postongan gimana

    ReplyDelete
  4. Saya kirain ujung-ujungnya ente lulus bang, makanya ikhlas bagiin info. Terimakasih banyak bang, semoga berkah dunia akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. awkakwkaw dijudul ane ga mengatakan lulus gan...haha makasih dah mampir dah

      Delete
  5. Ku mau coba tahun sekarang bang doain yaaa

    ReplyDelete
  6. https://sanding-kala.blogspot.com/2019/07/pengalaman-lolos-tes-cpns.html

    ReplyDelete
  7. Bang kalo misal saya ktp kampung tapi dftr nya di Jakarta kira2 tes nya jg di jkt ga yeu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dulu sih bisa milih tempat tes..awal awal sih masih bisa sesuai domisili..

      Delete
  8. Tahun sekarang kapan dibukanya? Kalau mau lihat info tentang cpns yang resminya dimana ya? Maaf saya newbie soal beginian hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk saat ini belum tau ane om..coba cek website resminya aja tiap kementrian,...biasanya kan begitu

      Delete
  9. Terus terang saya belom pernah ikut cpns, padahal ngajar sejak 2008, karena ada cpns cuma tahun 2018 dan 2017 saja

    ReplyDelete