Saturday 17 November 2018

Drama Blazer Mogok

Drama Blazer Mogok


ane akan cerita pengalaman gak mengenakkan kada kebo ane, dah lama juga sih gak nulis tentang blazer ane #CeritaBlazer, jadi minggu kemarin ane berniat memanasi mobil untuk keliling daerah sekitar ane, nah kira kira 4 km an kebo ane macet tiba-tiba.

     Memang terkadang kebo ane mati sendiri kalau RPM nya rendah tapi di starter lagi bisa, nah kali ini di starter 2 tetep gak nyala, ane panik kan yaudah langsung ane pinggirkan, dengna sok tau ane buka kap mesin serta ane cek, setelah ane buka seperti tidak ada yang salah, lalu ane coba cek ke socket fuel pump, karena pernah pengalaman dulu mobil mogok karena socket fuel pump kendor, setelah ane cek juga terlihat baik-baik saja socketnya, lalu ane nyerah.

     Masalah gak nyampai disitu ane manasin mobil gak bawa dompet sama hp, nah ini kesalahan ane, sebelum berangkat dalam batin ane, wah paling gak ada apa-apa tapi dalam perjalanan malah menemukan kendala, mungkin disini gak boleh sombong kali yak..hehe. terus gimana ane pulangnya ? jalan kaki cuy..beruntungnya ada tetangga ane yang lagi sepedaan berdua make sepeda onthel masing2, nah yang ibu2 ini sepeda nya ada boncengannya, jadi ane pulangnya boncengin ibu2, dalam benak ane "alhamdullulah pagi pagi udah dipaksa untuk olahraga sepedaan" lalu ane minta bantuan tetangga ane, tetangga yang satu ini memang pinter dalam hal otomotif maupun elektronik , sampai dirumahnya doi baru benerin mobil, bersihin busi karena katanya mbrebet-mbrebet pincang , lalu ane sama doi bawa mobil toyota kijang sama bawa tali tampar untuk narik si kebo ini.

    Sampai TKP ini, tetangga ane yang bernama Pak Sigit ini mengotak atik mesin, cek cek kabel sama cek kabel fuel pump, kira-kira 20 menitan nyerah karena memang kalau gak di kerjakan dirumah itu rasanya "kemrungsung" yaudah akhirnya si kebo ditarik , oiya sebelum di tarik booster rem dilepas dulu biar bisa buat ngerem, okay perjalanan dimulai dengan ane dibelakang dan Pak Sigit di depan.

    Nah tau sendiri kan kalau mobil mogok artinya pompa power steering mati, dan untuk membelokkan cukup beratm ane sendiri gak terbiasa jadi sempat kewalahan, dalam perjalan ane mengkwatirkan rem nya seperti tidak berfungsi , setelah itu ane kita tukeran, ane yang narik pak sigit bawa si kebo, karena ane gak berpengalaman tali tamparnya putus, kesalahan ane harusnya kalau narik pelan-pelan jangan ngaget, lalu talinya dipasang lagi dan ane kembali di belakang. gak sampai disini drama narik terjadi lagi, yaitu ketika mau belok, si kebo ini nyundul pantat si toyota kijang punya nya Pak Sigit, wah ane rasanya gak enak sendiri udah ditolong malah nabrak mobilnya, bagian pinggir kiri sedikit penyok, huhu kata pak sigit "santai wae den dinggo pengalaman, gak usah terlalu dipikirkan"..wah terharu ane.... okay lalu karena ane takut bawa si kebo akhirnya pas sampai garasi rumah pak sigit si kebo didorong aja, takut nyundul...

     Setelah diperiksa sebentar di coba mulai dari fuel pump, fuel pump dicoba langsung ternyata nyala , alhamdullilah artinya gak perlu turun tanki , karena tanki si kebo ini gede banget, segeda rasa cintaku padamu..iya kamu yang lagi baca ini...#hoeks... Lalu setelah itu dicek businya, apakah ada yang mati sehingga menyebabkan kegagalan starter, tapi setelah dibuka dan dicek baik-baik saja, dicoba percikkan juga ada pas di posisi "on" namun setelah di starter percikkan tidak ada, dicoba cek kabel- kabel koil juga masih bagus, lalu malamnya ane kesana buat bantuin, ane coba cek-cek ane liat ada semacam socket yang copot nah pak sigit curiga ini yang menyebabkan blazer cuman "cranking"  di starter gak  mau nyala, ternyata socket sudah mreteli atau getas dan hancur, jadi ketika mau dipasangkan gak bisa lagi,lalu ane coba cari di daerah jogja harganya 350rb, akhirnya ane cari di bukabapak harganya ada yang 225rb, akhirnya beli dah, dan setelah di pasang akhirnya si kebo ini siuman dan pagi tadi ane ajak muter-muter. Alhamdullilah. oiya ane kasih sedikit ciri-ciri kerusakan CKP

1. kalau distarter on ada apinya pada busi, tapi setelah di starter gak ada pengapian
2. fuel pump gak mau nyala, zaizalah jelas wong gak mau hidup
3. sebelum mesin mogok yaitu lampu indikator nyala lalu mati . setelah di starter berulang kali cuman "cranking" aja 

Memang sih kerusakan CKP ini jarang banget biasanya ya karena socketnya dah getas itu tadi, walaupun kabelnya baik-baik saja tapi dalemnya rapuh..kayak hati ini #Curcol.

oiya lupa ane kegunaan CKP, CKP berfungsi untuk mengaktifkan injector dan fuel pump serta memberikan sinyal posisi crankshaft yang akan diteruskan ke ECU sehingga kalau CKP ini rusak ya akibatnya fatal ,pasti di starter gak mau hidup, ane baca-baca juga gak bisa direpair, mendingan ganti dah, daripada-daripada kenapa-kenapa kan,,, demikian cerita dari si kebo ane #CeritaBlazer. terimakasih sudah mampir gan..semoga sehat selalu menyertai kalian, nah berikut bentuk "obat" kebo ane siuman

Sepele ning penting dab....



      
    

      
      

2 comments: