Sunday 21 January 2018

Kenangan Menggunakan Feature Phone

Kenangan Menggunakan Feature Phone



Tiba-tiba terbersit piiran untuk menulis sebuah kenangan bersama mantan Feature phone, kenapa gambar utama ane pake HP itu ? kalau belum tau ane kasih sedikit alasan, dulu waktu ane lulus SMP kira-kira Tahun 2007 ane kepengen sekali HP , setelah lulus ane minta ke ortu buat beliin HP, maklum waktu itu penggunaan HP sangat-sangat booming, bikin ane kepengen, HP yang tertampil di atas adalah HP keluaran LG, yaitu serinya KG-300, ane suka karena kameranya 2 mp, jangan di ketawain ya anak jaman now, karena jaman dulu itu kamera masih banyak yang pake VGA, dulu belinya sekitar 1.5 jt, mahal yak..kalau uang itu di belikan jaman sekarang dah dapet smartphone yang cukup lumayan.


     Setelah googling-googling ane nemuin jenis-jenis HP nih, misalnya HP biasa, ya kayak hp 3315, buat SMS dan telpon aja, Lalu HP Feature seperti yang ingin ane bahasa sekarang, jadi HP mempunyai fitur unggulan, misalnya ada kamera, speaker yang menggelegar, atau misal ada TV nya dan yang paling baru saat ini adalah smartphone, ya kayak yang kamu miliki itu, 

       Walaupun HP feature adalah sesuatu yang kuno bagi generasi sekarang tapi masih menyisakan sebuah kenangan yang mungkin tak akan dijumpai pada jaman sekarang. 

1. Koneksi Jaman dulu Biasanya GPRS, ya beruntung kalau dapet HP yang sudah mendukung EDGE, bisa dibilang tahun sebelum 2010 itu akses  internet masih susah, jadi waktu itu akses pake GPRS sudah bersukur, yang pasti jaman itu belum jamannya streaming video ya, paling banter cuman sebatas browsing aja, bisa dibayangkan pake koneksi GPRS, sangat lamban, tapi ya kita tetap bersukur masih bisa akses internet melalui sebuah gawai.

2. Memori internal sangat kecil, ya kalau dibandingin jaman sekarang memori hp feature jaman dulu sangat kecil, hp ane LG-KG300 cuman 60mban, cuman bisa muat aplikasi sedikit, karena memang pada hp ini untuk install aplikasi tidak bisa di taruh di external, beda dengan jaman sekarang, bisa di root . Ane masih inget juga pada tahun 2007-2009 tepatnya ane lupa, untuk memori external microsd merk visipro 1Gb harganya masih 100rban, masih mahal kan ?

3. Akses WIFI masih jarang, HP feature pada jaman itu memang banyak yang mendukung wifi, jadi akses hanya mengandalkan koneksi data aja, disamping itu hotspot juga masih jarang.

4. Paket Data mahal, beda ya kalau jaman sekarang, jaman dulu itu biaya internet per 1kb nya masih mahal, waktu itu ingat pake salah satu operator selular dengan biaya 1 rupiah per 1kbps nya, bersyukurlah jaman sekarang kuota relatif lebih murah, apalagi akhir-akhir ini, banyak promonya

5. Aplikasi masih belum sebanyak sekarang, ane masih inget dulu kalau ingin download aplikasi akses ke getjar, kalau ngga ya ke waptrick, eh sialnya ketika sudah download ngga bisa diinstall karena versi java nya kurang, jaman dulu memang susah dapet aplikasi yang proper, beda dengan jaman sekarang kalau android tinggal buka playstore, dah bayak sekali aplikasi tersedia, kalau dulu mesti browsing dulu buat dapetin aplikasi yang diinginkan.

6. Varian OS HP jaman dulu yang ane kenal Symbian dan Java,jadi dulu kalau Nokia awal-awal hp feature pake system symbian, macam hp 6600, 3650, dan semacamnya, virus di windows terkadang bisa menginfeksi hp ber OS symbian ini, tapi enaknya kalau OS symbian ini relatif enak buat di oprek, misalnya ganti tema, ganti font, ya semacamnya, untuk Java enaknya gak bisa kena virus, tapi beberapa aplikasi keren cuman tersedia di symnbian aja, kayak aplikasi Mini Friday, Game Sky Force Reloaded dll.

7. Konektivitas untuk transfer data terkadang hanya ada infrared, nah ini paling greget, jadi kalau mau transfer data harus dideketin, selain itu kecepatan transfernya lemot sekali.


8. Kamera adalah salah satu pertimbangan untuk membeli sebuah handphone, nah jaman itu fitur HP memang baru booming-boomingnya bagus-bagusan kamera, oleh karena itu banyak orang mempertimbangkan kamera dalam memilih HP, kayak ane dulu, beli HP LG KG-300.

  Segitu dulu sob, banyak salah kata maafkan lah penulis ini, ada kenangan dengan HP jadul bisa tulis dikomentar..byebye




No comments:

Post a Comment