Friday 19 January 2018

Honda Astrea Prima

Honda Astrea Prima


Honda Astrea Prima, motor ini cukup legendari di jaman old, dulu bapak ane beli ni motor katanya cuman 1 jutaan, murah kan ? ngga juga sob, karena waktu itu Gaji hanya di angka puluhan ribu saja, ya maklum tahun 90an.


     Mesin Honda Prima ini 100cc, dengan 4 masukan. untuk sistem pendingin masih menggunakan pendingin udara, sisten pengeremannya masih tromol depan belakang, orang dulu memang greget-greget, rem ngga pake cakram tapi masih tromol, untuk versi yang dimiliki bapak ane versi yang sudah ada elektrik starter dan kick starter, karena memang ada dua versi pada motor ini, ada yang ngga ada elektriknya, tapi sebenarnya malah bagus, anggep aja olahraga kaki saat mau menghidupkan.

      Bagi Keluarga ane motor ini cukup bersejarah, karena untuk mobilisasi kemana-mana waktu ane masih kecil ya pakai ni motor, masih inget ketika masih bayi, ane berlima sama kakak ane dan bonyok ane kalau kemana-mana naik ini, selain itu motor ini menjadi motor untuk berlatih, karena gas-gas an motor ini ngga galak , jadi sangat friendly untuk berlatih nyetir sepeda  motor, untuk dimensi motor ini cukup kecil dibanding motor sekarang , dari info web lain kira kira Panjang x lebar x tinggi : 1915 x 705 x1076 mm, lalu untuk ukuran tangi 3.7 liter saja, ngisi di pom 23rb sudah bisa memenuhi bensin motor ini.

      Populasi Jaman sekarang cukup jarang ane temui diperkotaan, biasanya ane liat motor ini kalau di pedesaan saja, untuk ngangkat pakan ternak biasanya, kalau bapak ane suka make ni motor cuman buat di daerah tempat tinggal aja, karena memang sudah ngga waras, misalnya motor suka mbrebet-mbrebet , lampu utama tidak menyala dan susah starter kalau pagi hari, tapi untuk surat-surat tertib pajaknya, hehe. Beberapa kali berfikiran ingin menjual ni motor tapi ngga jadi, karena memang nilai sejarah nya ngga terkalahkan, ya siapa tau kelak ni motor di cari-cari kolektor, harga bisa berlipat-lipat...#ngimpi

     

No comments:

Post a Comment