Tuesday 1 November 2016

Tips aman beli barang online

 

Jaman sekarang ngapain aja bisa dilakukan dengan online misalnya transfer duit, ngisi krsan, pesen tiket , pesen hotel dan lain-lain,namun ada salah satu hal yang belum bisa dilakukan sampai sekarang, yaitu boker online, hahaha (bercanda ). 

Dewasa ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya beli online, beli online bisa melalui market place dimana ada pihak penengahnya , dan bisa juga beli langsung ke seller, ane sendiri juga sering kok beli online, alasan nya terutama ane sendiri jarang pergi ke toko-toko / mall-mall, weekend juga cuman mager dirumah aja, tapi hanya jenis barang tertentu saja yang biasanya ane beli online, kalau barang - barang elektronik biasanya ane lebih suka COD (cash of delivery) , karena perlu cek kondisi barang, karena ane baik hati, tidak sombong rajin dan rajin menabung, mau share tips2 order barang online. 

  • Pastikan seller beneran bukan penipu, kalau misalnya beli di marketplace tidak ada penengahnya pastikan seller tersebut seller beneran, gimana cara ngeceknya ? lakukan pencarian di google saja dengan keyword no hp yang tertera pada lapak, soalnya terkadang penipu menggunakan nomer yang sama, dan jika sudah mendapatkan no rekening transfer lakukan pencarian dulu di google, siapa tau no rekening tersebut atau no hp tersebut pernah digunakan untuk tidak penipuan, pokoknya ini yang paling penting
  • Cari rating seller yang bagus dan ulasan produk yang bagus juga, nah ini enaknya di market place, biasanya di lapaknya ada ulasan dan ratingnya, dari situ kita sudah menilai,
  • Baca detail tentang produk sebelum membeli, ane sendiri pernah salah beli karena ane gak baca detail produk, untung waktu itu ane sadar setelah barusan transfer jadi orderan bisa dicancel. pokoknya baca detail se detail - detailnya sebelum pencet "add to cart" / "buy".
  • Hati - hati dengan Rekber / "rekening bersama", kenapa ane bilang harus hait-hati ? yap karena ada kejadian buruk tentang rekening bersama yang uangnya dilarikan si rekber tersebut(kalau anak kaskus pasti ngerti siapa pelakunya), jadi sebelum melakukan pembelian dengan penengah (jasa rekber) korek info dengan mendalam  sebelum melakukan transaksi, ya misalnya membaca testimoni dan tidak ada track record yang buruk, namun waspadai juga testimoni ada juga yang fiktif.
  • Jangan tergiur dengan barang yang harganya tidak wajar, yap ini sering terjadi di postingan iklan, misal  iklan hp iphone 6 harganya cuman 2jt an, kan ini sangat tidak wajar sekali, biasanya sellernya bilang barang akan dikirimkan dari wilayah yang jauh dari si pembeli, karena ini akan mendorong seller untuk mentransfer uang dulu, karena kalau bilangnya lokasi seller dekat(misal se kota) maka otomatis buyer akan minta cod), pokoknya jangan tergiur ya, tetap waspada, misal ragu-ragu gunakan rekening bersama yang terpercaya.
  • Sebelum membeli coba cek barang dulu di toko terdekat, kenapa ? karena tidak semua barang di jual di online itu lebih murah daripada di toko offline, siapa tau di toko deket tempat tinggal jualan, mungkin harganya sama di online, tapi akan mahal jika nambah sama ongkos kirim, so cek harga di toko offline juga penting ya sob.
  • Pastikan alamat buyer dan kontak yang bisa dihubungi tertulislengkap, jika transaksi sudah terjadi pastikan alamat tujuan pengiriman barang tertulis lengkap , biar nanti si kurir jasa pengiriman mudah mencarinya, jangan lupa di kasih "ancer-ancer". 
  • Sebelum  membeli rajin - rajin berburu voucher, ane sendiri sering nglakuin ini, yap lumayan misal dapat diskon 10% sama gratis ongkir, ngurangin biaya, so sebelum beli nyari2 dulu marketplace mana yang baru  ada voucher promo.
Segitu dulu ya tipsnya, siapa tau ada komentator yang ingin nambahi, banyak salah kata mohon maaf, pamitan dulu mau mabok(mapan bobok), byeee...sampai bertemu lagi

No comments:

Post a Comment