Wednesday 2 November 2016

Manfaat bermain game


Game ? siapa yang tidak suka game ? adakah ? hampir semua orang pasti bilang suka game ya kan ya kan ?hehe, memang "game" sudah terkenal sejak zaman dulu,jika belum tau konsol game pertama kali dibuat oleh Atari tapi ane belum pernah nyobain main atari, konsol yang pernah ane miliki saat itu adalah nintendo, ane mainin game nintendo waktu sd kelas 2 kalau nggak salah, game favorit waktu itu mario bross, excitebike, jackal dan banyak banget sampai ane lupa.

Saat ini game tidak hanya ada di konsol, dengan handphone pun kita bisa memainkan game casual atau hardcore , tinggal download aja di playstore jika pengguna android atau appstore untuk pengguna iOS, walaupun main game terkesan kegiatan hanya buang-buang waktu tapi ternyata bermain game juga ada manfaatnya hlo gaes, berikut manfaatnya.

  • Mengasah kemampuan otak / cara berfikir, nah kebanyakan pada sebuah game itu ada misi yang harus di lakukan, misalnya game  tebak kata, disitu otak kita diasah untuk menyebutkan kata yang paling benar, contoh lain game trivia, nah disini pengetahuan kita sangat diuji, jadi main game dapet seneng dan dapet ilmu. 
  • Melatih kemampuan bahasa asing tertentu, yap karena developer game kebanyakan menggunakan bahasa asing oleh karena itu kita secara tidak langsung dituntut memahami bahasa tersebut, pengalaman ane sendiri ketika main game biasanya ane juga sedia kamus, waktu itu ane masih pake kamus bentuk buku tebel banget(maklum tahun 2005 translator masih mahal), jadi kalau nyari 1 kata aja bisa sangat lama, tapi gapapa lah , itung-itung sambil belajar bahasa asing.
  • Mengasah kemampuan memecahkan masalah, kalau yang ini biasanya game bergenre stealth game, seperti Metal Gear Solid. Splinter cell dan banyak lainnya.
  • Belajar tentang suatu strategi, pasti sudah pernah main Age of empires atau company of heroes ? game tentang perang, yang secara tidak langsung melatih strategi dalam melawan musuh, ane demen yang game genre ginian.
  • buat refresing, ini jelas karena tiap hari menjalani rutinitas kerja atau sekolah pasti butuh penyegarkan pikiran, usahakan cari game yang casual saja, jangan sampai game yang menambah beban pikiran.
  • Menghasilkan uang, pada game - game tertentu terkadang untuk mendapatkan item kalau nggak mau susah harus barter dengan player lain, kalau ngga barter yang dibeli dengan uang sungguhan. jadi kalau kalian punya item yang unik bisa dijual ke player lain, dapet uang kan ? hehe, pengalaman temen ane sendiri juga kalau "selo" malah jadi joki player, nanti dibayar per level, ya hasilnya lumayan lah buat uang jajan.
Walaupun game punya manfaat tapi juga perlu diingat ada efek negatif jika dilakukan secara berlebihan, jadi sebaiknya bermain game lah secara wajar saja, bermain game jangan sampai mengalahkan kewajiban seperti sekolah atau kuliah atau kerja kecuali kalau kalian ingin jadi professional gamer, karena masa depan adalah yang utama 

Jika kalian punya adik atau sudah mempunyai anak, pastikan game yang mereka mainkan sesuai umurnya... pamitan dulu, bnayak salah kata mohon maaf gaes..terimakasih sudah mampir dan membaca artikel ini

2 comments: