Friday 4 November 2016

Tips Resign Yang Baik


Terimakasih sudah menggunjungi blog ane, kali ini ane ingin bahas tentang tips resign yang baik, ini menurut pandangan ane ya , jadi "disclaimer on". 

Kalau kita memasuki dunia kerja pasti udah ngga asing dengan yang namanya "Resign" atau mengundurkan diri. mungkin ini dialami oleh teman kita atau malah kita sendiri, Resign adalah hal yang wajar dalam suatu perusahaan bisa karena suatu alasan entah beban kerja yang tidak seimbang dengan salary atau mendapatkan pekerjaan di tempat lain atau alasan lainnya. Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelem resign atau sesudah resign, simak berikut ini.

  • Beritahukan pengajuan surat resign ke HRD minimal 1 bulan sebelum hari terakhir kerja, hari terakhir kerja sering di kenal dengan istilah "Last Day", karena dengan pemberitahuan yang cukup lama sebelum resign bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mencari pegawai pengganti. Namun biasanya ada aturannya sendiri jangka waktu minimal pemberitahuan pengajuan resign.
  • Jika sudah mantab untuk resign bercerita lah ke atasan kalian / SPV atau rekan satu tim, biar nanti tidak kaget. ceritakan alasan yang sejujur jujurnya. apapun alasannya mereka pasti akan menghargai keputusan kalian.
  • Selama menunggu hari terakhir kerja, usahakan performa kerja tetap bagus, karena tidak sedikit saat menunggu "Last Day" malah males - males an kerja. Perlu diketahui juga ketika kalian mendaftar di perusahaan baru terkadang HRD perusahaan yang kalian lamar akan menghubungi HRD / Atasan kantor lama kalian untuk mempertimbangkan di terima atau nggak di kantor baru. so usahakan tetap professional ya gaes. biar nggak di cap meninggalkan kesan negatif.
  • Mengembalikan barang pinjaman dari kantor, ini penting sob jangan sampai kalian tidak mengembalikan barang-barang kantor, karena sangat merugikan kantor, so apapun barang pinjaman kantor tetap dikembalikan.
  • Saat handover kerjaan, ajari pegawai baru sedetail-detailnya. jangan sampai ada hal yang tidak di ketahui oleh pegawai baru, karena akan menghambat pekerjaan jika ternyata kalian saat melakukan handover ada yang kurang.
  • Jika kalian meminjam barang / uang pada temen kantor usahakan kembalikan barang / uang temen kantor sebelum last day, karena biasanya seteleh beda kantor untuk ketemu susah jadi lebih baik dikembalikan sebelum meninggalkan kantor, karena bisa juga kita dapat pekerjaan di kota lain, repot ntar ngembaliinnya kalau dah beda kota, apalagi pulau. selain itu temen kantor juga tidak was2 tentang barang / uang miliknya,
  • Saat last day usahakan tanggungan pekerjaan sudah selesai, karena kalau belum selesai bisa di cap tidak professional.
  • Jangan lupa pamitan sama teman kantor, ini nggak kalah penting sob, soalnya kalau pada hari terakhir tidak pamitan temen kantor bisa mikir aneh2 ntar temen kita, so usahakan tetap jaga pertemanan, karena bisa saja kita bisa ketemu teman kantor di tempat lain, nggak enak jika kita resign meninggalkan kesan negatif lalu kita ketemu teman kantor di tempat lain, akward moment kan jadinya.  
  • Kalau ada rejeki berlebih nggak papa lho sob ngadain "farewell party" kecil -kecil an, ya nggak harus di restoran mahal, yang penting kesannya.
Segitu dulu ya sob, artikel ini nggak bermaksud ngajakin kalian resign, sebelum resign pikirkan baik-baik karena bisa juga banyak orang lain ingin di posisi saat ini, pokoknya pertimbangkan sematang2nya sebelum melayangkan surat penggunduran diri, jangan sampai menyesal setelah ngajuin resign, okay pamit dulu..mau mantenign tv ane, liat yang hari ini demo..bye sampai jumpa

No comments:

Post a Comment