Wednesday 23 November 2016

Cara menambahkan softkey / navbar pada android


Halo sob..lama gak ngepost, hehe ane mau share yang barusan ane praktekin, jadi tadi ane iseng2 pengen nampilin navbar / softkey di device, soalnya tombol di hpku kurang nyaman, yap ini juga bisa menjadi solusi jika button navigasi bawaan bermasalah.

Berikut yang perlu di persiapkan sob :
- buat teh atau kopi dulu biar seger
- pastikan device android, bukan yang lain
- pastikan versi android versi di atas Jelly Bean
- pastikan sudah di Root ya, karena yang ane praktekkan adalah perlu hak akses dulu untuk membuka system
- jika sudah di Root, download dulu Root Explorer atau Root Browser, kalau pengen sama Screenshot ane maka install Root Explorer. 
- sudah siap ? jangan lupa berdoa sebelum mencoba tutorial ini, semoga ngga bootloop, hehe


Langkah 1 : Setelah terinstall buka Root Browser




Langkah 2 : carilah folder dengan nama "system", seperti pada lampiran diatas, jika sudah ketemu langsung di tap saja




Langkah 3 : Cari file dengan nama "build.prop", scroll kebawah sendiri maka file akan ketemu, jika sudah ketemu di tap saja.



Langkah 4 : untuk melakukan editing pilih "RB Text Editor", langsung tap saja seperti pada gambar




Langkah 5: langkah ini yang paling penting, so lakukan dengan hati-hati, jangan sampai menyanggol kode lain, alangkah lebih baik membackup file "build.prop" dulu sebelum melakukan langkah ini, ya buat jaga-jaga,mari lakukan cari text dengan tulisan "qemu.hw.mainkeys=1" jika sudah ketemu maka isian "1" diganti jadi "0" menjadi "qemu.hw.mainkeys=0". jika tidak ketemu maka tuliskan  "qemu.hw.mainkeys=0" di akhir seperti pada lampiran gambar, jika sudah lakukan save, dan setelah itu di reboot / restart. 


Tadaa... hp kamu sekarang sudah muncul softkey nya, tapi perlu diingat ng ROOT android menyebabkan beberapa aplikasi tidak berjalan, seperti aplikasi mobile banking yang menurut ane sangat penting, jadi pikirkan baik-baik sebelum mempraktikkan tutorial ini, selamat mencoba....terimakasih banyak sudah mampir....









No comments:

Post a Comment