Friday 28 October 2016

Nganggur ? Selow aja sob...


Belum dapat kerjaan sob ? santai aja.... the next milestone setelah lulus sekolah / kuliah  adalah mencari kerjaan , sering kali setelah lulus ada jeda waktu dulu yang dinamakan "nganggur", memang tiap orang beda - beda tergantung rizki nya, ada yang belum lulus sudah dapat kerjaan dan ada juga yang  sudah kesana kemari ikut2 tes tapi belum ada yang lolos. 

Ane juga sempat merasakan yang namanya "nganggur", hampir setengah tahun sob, agak lama juga to,hoho so kalian - kalian yang baru lulus dan belum kerjaan jangan minder ya, suatu saat nanti pasti dapet jika kita selalu berusaha dan jangan lupa berdoa dan bersabar. Nganggur memang nggak enak men, yang enak itu "nganggur merah" eitss..nggak ding. walaupun status adalah "pengangguran" masih banyak hal - hal positif yang dapat kita lakukan, yuk langsung simak saja
  • Mengikuti pelatihan / kursus , yap kegiatan ini sangat positif karena dengan mengikuti pelatihan skill kita akan nambah, banyak hlo sob kegiatan kegiatan gratisan yang bisa ikuti selama menganggur, rajin - rajin saja mencari informasi, biasayanya di tiap daerah ada BLK ( Balai lapangan kerja) disitu banyak sekali bidang pelatihan, kata temen ane yang pernah ikut, kita bisa memilih bidang pelatihan yang sesuai jurusan saat kuliah / sekolah atau sama sekali ngga ada hubungannya dengan yang kita pelajari, biasanya sekitar sebulan pelatihannya, kalau ane sendiri selama nganggur sempet mengikuti pelatihan di lembaga kursus di juga, selain mengasah skill kadang kita dapet sertifikat juga, lumayan kan buat nambah2 lampiran saat melamar pekerjaan. daripada nanggur cuman mager dirumah kan,bisa nambah-nambah relasi juga sob.
  •  Cari freelance an atau berwirausaha , yang nggak enak nganggur itu tidak ada pemasukan keungan , tapi itu bisa diakali dengan mencari sampingan, misalnya saat ini kan banyak ojek online, nggak ada salahnya kita ikut, ya itung2 uangnya buat jajan , temen ane sendiri juga ada yang ikut, katanya hasilnya lumayan,  yang penting nyari sampingan yang fleksibel ya sob, biar kita bisa menghadiri kalau kita dapet undangan tes atau interview. misal kalian jago komputer nah bisa dimanfaatin buka usaha service komputer, sapa tau malah usahanyan jadi besar, malah bisa menciptakan lapangan pekerjaan tuh.
  • Mengembangkan hobi, seringkali karena banyaknya tugas kuliah kita lupa dengan hobi kita, karena sekarang lagi nganggur kita bisa ngembangin hobi, siapa tau malah potensi menghasilkan uang, karena kalau nganggur kita diam aja harinya terasa lama sob.
  • Olahraga, yap ini penting sob, karena kita banyak waktu luang usahakan kita rajin berolahraga, dulu mungkin males karena alasannya sibuk kuliah/ sekolah. Sekarang udah nggak kan ? walaupun penggangguran harus tetap menjaga kesehatan ya..
  •  Travelling ke tempat yang kalian impikan, memang ini agak susah kalau keuangan mepet tapi pengen ke tempat yang butuh biaya banyak, tapi jika kalian sudah menabung sedari awal mungkin bisa terlaksana, dulu mungkin susah schedule, ini nggak kalah penting sob, itung2 refresing, karena kalau saat udah kerja nanti juga susah nyari waktunya sob.
jadi intinya selama nganggur manfaatin waktu dengan sebaik - baiknya ya, dan rajin - rajin mencari informasi kerjaan , karena era sekarang informasi apapun bisa dicari dengan bantuan mbah google, dan jangan malas hadir kalau ada jobfair di tempat kalian, ya semoga kalau saat ini nganggur ane doain semoga lekas mendapat kerjaan yang kalian impikan. amin..sampai jumpa artikel selanjutnya..ane mau tidur siang dulu,..haha 

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete