Thursday 20 October 2016

Pengalaman bermain saham



Banyak yang mengira untuk memulai investasi Saham memerlukan modal uang yang sangat banyak, namun pada era sekarang hanya dengan uang 100rb kita bisa daftar ke sekuritas untuk membuka akun trading Saham. salah satu sekuritas nya PT Indo Premier Securities, kebetulan ane juga terdaftar sebagai nasabah di sekuritas tersebut(bukan bermaksud iklan). Bukan tanpa sebab ane mencoba peruntungan ini, ane sebenarnya tertarik sejak kuliah. Namun karena kurangnya informasi yang saya dapatkan dan ketersediaan modal maka ane urungkan, setelah ane kerja dan mempunyai penghasilan sendiri  ane baru hunting informasi sekuritas. Kenapa ane tertarik dengan investasi ini ? karena bayangan saya bermain saham itu mudah, beli saham ditinggal langsung untung, dan setelah di praktikkan ternyata langsung dihajar sama market. ..hehe, namun tidak membuat ane kapok - kapok, malah membuat ane belajar dan terus belajar, karena jujur saja saat memulai tidak memiliki bekal ilmu yang mumpuni, banyak macam - macam teknik untuk analisis saham, banyak sekali ebooknya di internet. karena ane ngga ambil pusing teknik - teknik analisa saham, ane punya keyakinan kalau Perusahaan mempunyai bisnis yang jelas dan prospek kedepan cemerlang di tambah laporan keuangan yang sehat biasanya nilai harga saham relatif terus meningkat, tapi terkadang harga meningkat karena di kerek sama "bandar", walaupun ini bukan perjudian namun terkadang ada "bandar" pada saham tertentu, "bandar" di sini seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai uang yang sangat banyak sehingga mampu mengendalikan harga saham, terkadang "bandar" menguntungkan investor misal saya beli saham PT. QWERTY diharga rendah lalu di kerek bandar, tapi sering juga saat kita sudah beli saham diharga yang tinggi lalu bandar menjual sahamnya sehingga menekan harga dan menjadi nilai saham turun, biasanya menyebabkan investor retail menjadi panik lalu menjualnya dengan harga dibawah harga beli, jadinya merugi(cutloss). kondisi ini bandar sangat tidak menguntungkan, namun jika investor sudah tahan banting dan tau prospek kedepan cerah maka masih tetap di koleksi. Ane juga bergabung di grup - grup telegram dan forum - forum tentang saham, misalnya forum stockbit.com , dan bei5000, berikut grup - grup telegram yang ane join

Demokrasi Saham
Demokrasi Saham Channel
Indo Kaskus Stock Club
GaleriSaham

Intinya sebelum memulai investasi ini kita sebaiknya tau dasar - dasarnya dulu untuk meminimalkan resiko rugi, ya namanya jualan kadang untung kadang rugi, tapi ya kalau bisa kita jangan rugi mulu, yang penting ambil saham yang sehat dan bisa cuan, hoho, btw ane skrg koleksi saham SRIL(Sritex) ambil pas di harga per lembar 258, padahal awal bulan kemarin hampir nyentuh per lembar 200, kalau situ senasib ya semoga SRIL otw per lembar 1000 dan bisa bilang " happy cuan ".. hehe

Ane tidak bermaksud untuk mengajak berinvestasi saham, cuman berbagi pengalaman aja, banyak suka duka mencoba peruntungan ini, sukanya ya pas untung, dukanya kalau "cutloss" . Terimakasih sudah membaca dan ane ucapkan teerimakasih banyak...pamit dulu ..bye 

12 comments:

  1. mantap kakak cemungut ;v

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. boleh juga jadi ilmu
    sy jg msh pemula. hehehe

    ReplyDelete
  4. Kalo trading masalahnya butuh analisa yang khusus sih.. bisa rugi, bisa untung juga..
    Investor yang bijak pasti ga nempatin uangnya di salah satu platform aja.. karena ketika satunya rugi, satunya bisa di boost untuk nutupin kerugiannya.
    Kaya Investasi mudah yang ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup butuh analisa sama lihat sikon ekonomi but apapun kondiisnya market maker selalu menang

      Delete
  5. keren bang, mohon ijin bergabung di grup tersebut

    ReplyDelete
  6. Sama kita om...
    Semoga kedepan????...

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete