Wednesday 26 October 2016

Tips mengikuti jobfair


Setelah lulus kuliah semua orang pasti ingin bekerja entah kantoran atau beriwirausaha, namun ada juga yang belum lulus tapi sudah bekerja. sebagai fresh graduate yang semangatnya masih menggebu - gebu pastilah ingin bekerja di perusahaan yang bonafit dan salary yang menggiurkan. tapi tapi tapi... sebelum diterima sebagai karyawan kita mau nggak mau harus melakukan ritual yang namanya "melamar pekerjaan", melamar pekerjaan untuk sekarang ini bisa dilakukan dengan online dan offline.

Setelah lulus kuliah ketika ada event Jobfair ane selalu ikut, ya ini salah satu usaha untuk mendapatkan kerjaan, sebenernya jika temen - temen masih kuliah bisa juga sih hadir di jobfair, karena biar nggak membuat temen-temen kaget waktu nyari kerjaan setelah lulus, ya sambil baca -baca persyarat-persyaratan yang musti dikuasai untuk melamar di suatu posisi jabatan. Langsung saja ane bagikan tipsnya saat mengikuti jobfair.


  • Cari lokasi, sebelum menghadiri jobfair cari lokasi jobfair yang sejelas - jelasnya biar nanti nggak bingung saat mencari lokasinya. Apalagi jika teman - teman berasal dari luar daerah, akan sangat menghabiskan waktu jika teman-teman tidak tau lokasi tepatnya.
  • Siapakan lamaran lengkap, yap ini perlu, jika esok hari adalah hari pelaksanaan jobfair, pastikan malam sebelumnya sudah siap, jangan sampai ada dokumen yang ketinggalan ya, karena percuma kalau sudah datang tapi pas mau nglamar malah ada persyaratan yang kurang. kalau ane dulu malamnya sudah saya siapkan beberapa rangkap lamaran lengkap, soalnya kebanyakan saat jobdair drop cv aja.
  • Saat menghadiri sebaiknya menggunakan pakaian formal dan jangan lupa membawa alat tulis lengkap ? (Pensil,pena,penghapus dan alas papan buat nulis), kenapa sebaiknya menggunakan pakaian lengkap dan alat tulis lengkap ? karena terkadang ada perusahaan yang mengadakan interview awal saat itu juga, jadi ngga ada salahnya menggunakan pakaian format, dan ada juga perusahaan yang mengadakan ujian tertulis saat itu juga.
  • Pastikan kontak telepon / email yang di tulis di lamaran adalah valid/aktif, karena biasanya HRD mengundang tes melalui sms,telepon dan email, kalau ane dulu seringnya dapet undangan melalui sms dan telelpon. 
  • Prioritaskan melamar pekerjaan pada posisi jabatan yang sesuai dengan jurusan saat kuliah, karena kemungkinan untuk di panggil sangat besar. jika ternyata ngga ada ya pilih yang persyaratannya "semua jurusan" karena apapun jurusannya akan mempunyai kesempatan yang sama.
  • Rajin - rajin mengumpulkan brosur di tiap booth, yap terkadang beberapa perusahaan menuliskan alamat emial di brosur berguna jika kita mau apply via email,ntar pas dirumah sambil ngopi2 ngirim surat lamaran dah,hehe
Demikian tips dari ane, ane sadar masih kurang banyak tipsnya, ya semoga walaupun sedikit tetap berguna, setidaknya ngasih gambaran kan ya ?. kalau ada panggilan interview ane juga ada artikel tentang Tips menghadiri interview. maturnuwun sudah mau mampir dan membaca...  

No comments:

Post a Comment