Friday 12 October 2018

Yakin Mau Main Saham ?

Yakin Mau Main Saham ?

        Halo gaes, pengen berbagi nih soal dunia investasi yang ane jalanin, mau berbagi pengalaman pahit, mungkin kalian sering mendengar tentang keuntungan seseorang dalam bermain saham , yang keliatannya mudah dan menguntungkan , padahal itu semua belum tentu. karena dalam dunia saham itu kejam bro, banyak berbagai kepentingan di sana, apalagi buat newbie seperti ane.


       Mungkin atau perasaan ane ya kalau tahun ini adalah tahun berat bagi ane dalam main saham, karena Index lagi mawut dan gak jelas mau ke arah mana, selain itu ane dapat info juga dana asing sudah banyak yang cabut sejak awal 2018,  bagi ane dana asing cukup berperan, karena bisa menggoyang harga saham, bagaikaman kalau di jual ? yang ada harga semakin tertekan. nah ane kebetulan yang ane pegang adalah sektor properti yaitu PT Bekasi Fajar Industrial Estate, kode emiten di bursa BEST, memang sektor ini banyak turunnya , kalau di liat dari laporan keuangan menurut ane gak buruk, buruk amat, masih bisa ane katakan "OK" tapi gak tau kenapa sejak ane pegang sudah turun hampir 50% nih gaes, syedih kan, bisa juga sih laporan Q3 jeblok atau bijimane, atau gak ada bandar yang mau mainin saham ini lagi, ane gak paham.



     Oiya kesalahan ane sih ane gak disiplin, gak tau kenapa ya ane tu gaya mainnya ane hold terus sampai ane dpt keuntungan, nah kali ini ane semakin ane hold makin ane tambah rugi, kalau ane pernah baca pemain saham yang bagus itu gak takut rugi / cutloss ketika sudah gak sesuai dengan analisa dan membuat ketidak nyamanan. yang jelas selama perusahaan masih sehat akan ane hold gak tau sampai kapan (inshallah sih ya). pemain saham yang bagus juga mengindari saham-saham gorengan , karena saham gorengan rawan dimainkan bandar, coba cek TLKM(Telkom) BBCA(Bank BCA) kalau turun pasti mantul lagi, berbeda dengan saham gorengan, mantulnya kalau pas dimainin bandar aja, karena investor retail sepertinya terlalu berat untuk mengangkat harga. ya bisa buat masukan ke diri ane sendiri, kedepanya menghindari saham gorengan dan jangan taruh di dalam 1 saham, karena ada pepatah "don't put all your eggs in one basket" . tapi menurut ane taun ini adalah diskon besar besaran buat saham terutama properti, coba tengok CTRA, penurunan jg hampir 50% tapi sudah keliatan mantul juga, berbeda dengan saham yang ane pegang, kok di liat masih mau turun lagi, dan diliat dari penjualan dana asing sepi banget di saham ini, jadi makin pesimis sebenarnya..huhu


     OIya masukan untuk ane sendiri, sebaiknya gunakan dana yang benar  - benar dingin untuk bermain saham, biar kalau nyangkut itu kita masih bisa di diamkan dulu sampai minimal kerugian menipis atau malah sampai untung, dan jangan banyak-banyak dalam berinvestasi di saham,menurut cukup 20% aja  dari tabungan kita, biar kalau kita rugi masih ada tabungan dan gak nyesek banget gaes. oiya yang ane herankan juga saat ini Reksadana saham banyak yang rugi, temen ane aja ada yang rugi lebih dari 10% itu Reksadana hlo, dimana yang mengelola duit adalah orang yang sudah mahir. 



 Sekian dari ane, semoga artikel ini dapat memberikan pertimbangan sebelum terjun main saham, dan pesan ane jangan percaya sama orang yang ngaku-ngaku selalu untung..mbel gedhesss. Kritik dan saran boleh tulis dikomentar ya gaes.


        

No comments:

Post a Comment