Saturday 6 October 2018

Kenangan dengan PC Lawas

Kenangan dengan PC Lawas



       Ane ingin menceritakan sedikit kenangan  waktu ane mengenal komputer pertama kali, kira kira ini tahun 2001an, yup waktu itu ane masih kelas SD


        Masih inget waktu itu kakak ane butuh komputer untuk mengerjakan tugas sekolahnya, kira kira waktu itu kakak kedua ane masih SMA, nah disini ane baru mengenal komputer pertama kali, waktu itu masih belum berani mengoperasikan sendiri komputer, cara hidupin atau matiin pun ane belum tau, pernah sekali saking penasarannya ane coba pencet pencet tombol di CPU nya eh ternyata nyala, habis itu bingung ini musti diapain, nah ketika mau matiin ane juga bingung, kan harusnya di shutdown dulu, karena ane bingung yaudah ane cabut stop kontaknya...ckckck untung kakak ane gak tau waktu itu


          ketika pertama kali diperbolehkan main komputer ane cuman tau aplikasi "paint" dimana saat itu ane gunakan untuk menggambar, sampai saat ini masih ane pake sih, hehe. nah untuk game di komputer ane terinstall game game yang masih ane inget adalah Alien Shooter, Age Of Empire , Virtual Cops, Beach Head 2000, Zoo Tycon, The sims dan game game flash.


           Nah ane seneng ketika diijinakn untuk main game, karena dirumah ane memang gak ada permainan, masih ingat jaman itu hiburan cuman televisi aja, oiya ane inget juga komputer kakak ane dulu ram nya 256mb , harddisk 40gb, prosesor intel pentium4, waktu itu intel pentium 4 adalah sesuatu yang wah, kalau gak salah dulu beli paketan CPU+Monitor, printer, meja  sama speaker simbadaa yang suaranya kalau digedein pecah seharga 5jt, bayangkan dollar waktu itu berapa,  



           Masih inget juga waktu itu sistem operasi nya adalah windows xp, windwos xp waktu itu OS terbaru, karena biasanya pake windwos 98. untuk game yang paling ane sukain adalah virtual cops, ya maklum waktu itu ane masih belum tau apa-apa, liat game virtual cops udah keren bgt, macam liat game COD jaman now, :ngakak:, suara dari game itu yang memorable adalah ketika peluru habis , ada suara "reload,reload,reload", game favorit selanjutnya adalah age of empire 3, nah ini game strategi pertama ane mainin, pertama-tama ane diajarin kakak ane, lama lama ane paham sendiri, nah ane baru tau kalau ternyata tu game bisa pake cheat, misalnya nambah cadangan makanan, nambah cadangan emas, kayu dan batu, jadi ketika itu bener-bener tanpa cheat, memang ane sadari ketika main pake cheat itu kurang seru. sejak itu ane keranjingan main komputer sampai sekarang. Dulu saking cupunya ane waktu itu kan temen ane punya komputer juga, nah disana ada game bagus, ane pengen ngopy game, kan ane gak tau yaudah ane copy cuman shortcut nya aja, eh sampai rumah gak bisa dimainan(zaizalah wong cuman shortcut doang)


       Oiya sebelum terinstall game itu ane cuman mainin game bawaan pc, seperi solitaire (ane gak paham mainin ini) sama main game pinball, kalau ini ane paham, kesukaan ane). hiburan lain adalah nyetel musik. aplikasi untuk nyetel musik dari dulu adalah winamp, sampai sekarang di laptop ane masih terinstall, masih inget juga dulu ada aplikasi acrobat reader yang sekarang dibeli sama adobe jadi adobe reader, nah dulu saking gak taunya juga ane ngira ini acrobat reader permainan, ane klik kok gak ada mainnya, dasar bodohnya ane waktu itu :ngakak: .


       Lalu teringat juga ketika kakak ane suka ngrental game-game, nah waktu itu kakak ane minjem game GTA karena komputer masih vga onboard gak bisa dimainin yah sedih :(. setelah itu ngumpulin uang untuk membeli VGA dedicated, VGA AGP ATi radeon 128bit ram nya 256 kalau gak salah, nah waktu itu dijajal game COD 2 world war 1, wah takjub ane, karena waktu itu grafiknya bisa melebihi game ps2.


     Sebenarnya masih banyak kenangan sama PC lama ane itu, sangat berjasa buat keluarga ane, kakak pertama juga make waktu doi kuliah, kakak kedua juga make waktu SMA dan kuliah , bahkan PC nya sempet dibawa ke Jakarta, karena kakak kedua ane kuliah di sana, kalau di mata ane PC lawas ane berjasa telah memberikan hiburan,  terus kemana pc lawas itu ? udah di preteli beberapa part dijual, seperti VGA, RAM, nah untuk harddisk seperinya masih tp ane lupa nyimpen, padahal disitu banyak dokumen lama yang menurut ane sangat penting termasuk foto-foto jaman dulu, nah untuk casing nih kayaknya dah dibeli sama tukang rosok, lalu yang masih apa ? yang masih dipake sampai saat ini adalah meja komputer . ane gunain buat naruh laptop dan printer, oiya jadi inget monitor CRT, jaman dulu monitor jarang sekalii LCD, kebanyakan monitor CRT atau monitor tabung, kalau dah rusak kadang nunggu panas dulu biar gambar ngga ngblur, sama ada gosong dilayar..ckckckc duh jadi kangen pc lama ane....apakah kalian mempunyai pengalaman yang sama dengan ane ? monggo diceritakan dikolom komentar boleh hlo.....sekian dan terimakasih

      


        



No comments:

Post a Comment