Saturday 13 October 2018

Kenapa Kaskus Sepi ?

Kenapa Kaskus Sepi ?


"Sundul gan", "Pertamax... " , "Pejawan" dan masih banyak lagi. Kata- kata tersebut adalah bahasa kaskus banget, yup pasti di setiap trit (thread) kaskus ada yang mengomentari begitu, pertamax adalah orang yang pertama kali mengomentari di sebuah trit, ya mungkin ada kebanggaan tersendiri jika "Pertamax" di trit yang bermutu dan rame, kalau sundul biasanya berguna biar trit atau lapak di FJB biar gak tenggelam. Pejawan artinya komentar yang nangkring di page 1(page one).
  

        Sejarah singkat dulu ya, kaskus adalah kepanjangan dari kasak-kusuk, jadi kaskus dulu di ciptakan salah satunya oleh orang bernama Andre darwis di Amerika sono bro, gunanya untuk tempat saling berbagi para warga indonesia yang berada di luar negeri,entah kenapa jadi booming di negara asal negaranya sendiri, dulu kaskus domainnya adalah ".us" terus ada trouble di ganti "co.id", gak tau nih memang ada trouble apa biar indonesia banget di ganti domain indonesia, haha soalnya kan "us" kan domain Amrik.

        Nostalgia, dulu ane pertama kali ngaskus pas masih SMA, kalau gak kelas 2 kelas 3, lupa ane, tapi ane tengok "id kaskus" ane teregister pada bulan 6 dan tahun 2009, artinya ane waktu itu kelas 2 SMA. ane ngaskus ikut ikutan kakak ane, setiap kali doi internetan pasti ada tab kaskus, yaudah ane penasaran . setelah itu ane bikin ID sendiri, dulu ane sukanya liat trit di The lounge, salah satu kategori yang rame nih, selain itu ane juga pernah beberapa kali transaksi jual beli di kaskus. pernah juga ane jualan, dan Alhamdullilah gak laku. wqwqwq.

        Tapi entah kenapa ya dulu pas waktu kuliah ane mulai gak ngaskus lagi, oleh karena itu ane ingin mencoba analisis kenapa ane gak ngaskus lagi sampai sekarang, ini pemikiran ane ya.

1. Kurangnya konten yang kreatif
Salah satu sebabnya adalah kurangnya konten kreatif dari forum ini, jadi beberapa HT itu terkadang adalah berita gak penting atau lebih kasarnya Sampah, gak bermutu. ane termasuk suka sekali dengan trit HT, HT di sini bukan Handy Talkie tapi Hot Thread, trit yang rame lalu sama si momod(moderator) atau mimin(admin) dijadikan trit yang muncul di halaman awal. 

2. Perubahan Tampilan
Sudah beberapa kali kaskus merubah tampilannya biar terlebih cantik, tapi bagi beberapa member tersemasuk ane , ane gak suka tampilan yang ribet dan berat, ya memang sih biar terlihat up to date, tapi kalau terlihat sangat rame dan website di akses terasa berat menurut ane cukup ambil andil kenapa kaskus jadi sepi, ane suka dengan tampilan old kaskus yang dominan warna biru oranye itu..jadi kangen old kaskus :(.

3. Pergeseran trend dari budaya membaca menjadi budaya menonton.
ini tidak bisa dipungkiri ya gaes, ane liat orang jaman sekarang lebih suka menonton youtube daripada membaca forum diskusi, ane sekarang juga gitu, maklum jaman dulu itu kuota internet harganya mahal dan koneksi lelet, oleh karena itu orang jaman dulu(gak jaman dulu jg sih) hiburannya kalau main internet suka baca-baca, lah wong internet kuota mahal sama lelet, melihat gambar-gambar dengan kualitas yang bagus di waktu itu adalah hiburan yang cukup mewah gaes, coba dibandingkan dengan masa jaman now, jaman sekarang internet mudah didapat sama kuota lebih murah, ya sayang kuotanya kalau gak dibuat nonton xhamster youtube.

4. Iklan Politik
nah nah nah, gak tau ya kenapa kaskus pernah menayangkan iklan politik di websitenya, apa mungkin sepi iklan ? jadi iklan politik pun disikat, ane inget , tapi gak inget siapa yang di calonin, bisa juga nih penyebab kaskuser hengkang dari forum terbesar di Indonesia, bisa jadi karena tidak suka karena iklan yang ditampilkan bukan tokoh "junjungannya".

5. Perpindahan dari berinternetan di PC ke mobile phone.
ini alasan cukup logis, jaman dulu internetan itu biasanya pake pc, jadi kalau gabut baca baca trit atau ngaskus, nah semenjak smartphone dengan berbagai aplikasi yang menarik maka semakin banyak hiburan, oleh karena itu kaskus jadi sepi karena penggunanya kebanyakan dulu memakai komputer PC. banyak kan aplikasi menarik di hengpong kalian, macam tinder, instagram, bigo dll.

6. FJB kaskus ketinggalan jauh dengan marketplace kekinian.
yang ane sebutkan kekinian semacam market place yang menyediakan perantara ada pihak ketiganya, dulu sih kaskus ada perantara pihak ketiga dengan fee tertentu, tapi gak official , rekber terkenal adalah blackpanda, tapi belakangan kena kasus menggelapkan dana customer sampai ratusan juta dan akhirnya sampai sekarang kasusnya menguap begitu saja, lalu setelah itu kaskus baru berinisiatif ada official rekber dimana market place sudah maju duluan, ketinggalan langkah banget lah, selain itu juga tampilan lapak jual beli di kaskus gak enak diliat, orang lebih suka jualan atau beli di bukabapak atau di tokoijo, selain itu kaskus juga kalah promo, di marketplace gencar gencarnya promo misal cashback atau free ongkir tapi dikaskus sedikit promo, nah itu menurut ane.

 itu sih menurut ane ya kenapa kaskus sepi, ya harapan ane kaskus bisa menjadi forum terbesar di Indonesia dan FJB nya jadi rame kayak dulu lagi, banyak kesalahan mohon maaf, kritik atau saran bisa kirimkan di kolom komentar

4 comments:

  1. semua yg ente jabarin betul semua gan....ane gabung disana 02/2009, sampai sekarang masih sekali-sekali buka kaskus,....cuma bener kata agan, semakin lama semakin sepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan..menurut ane memang kejenuhan para netijen juga...

      Delete
  2. suka kaskus yang dlu., baik dari tampilannya.., isinya.., sama membernya dulu militan.., tiap2 sub forum masih sering ada gathering.., seru banget dah.., apalagi kalo lagi gathering regional.., rame banget..,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali ane belum pernah merasakan gathering om..huhu tp yang jelas penurunan kualitas thread HT aja untuk saat ini #oops

      Delete