Sunday 29 October 2023

Tegangan pada dinamo cas /alternator tidak maksimal

Tegangan pada dinamo cas  /alternator tidak maksimal


Soal Blazer lagi,,jadi di 2023 ini saya masih menggunakan kendaraan blazer untuk weekend car,  kwkw ya adanya cuman blazer sih di garasi saya hehe..suka dukanya cukup banyak.


Sebelumnya saya pernah mengganti IC alternator di blazer karena IC nya dari luar sudah meleleh, saat itu tegangan tanpa beban bisa dapat 14.1 V di test menggunakan voltmeter digital , lalu untuk full beban dapat di 13.5v di full beban, namun selang kurang dari  1 tahun kemudian kok full beban cuman dapat di 13,1v, cukup mengkwatirkan karena tidak normal, pernah baca kalau gak salah harusnya full beban amannya tidak dibawah 13.4v.

terus saya tengok dari kabel kabel, keliatan masih bagus , tidak ada yang putus atau gimana, tapi saya tengok dari baut di deket alternator keliatan memprihatinkan , kayak kemerahan. akhirnya dari situ saya coba ganti baut lalu saya amplaz untuk bagian karat karatnya sama solder ulang skun sama kabelnya. setelah itu saya coba full beban bisa dapat 13.5v lagi dan tanpa beban dapat di 14,1v , berarti berhasil hehe.

Siapa tau di kendaraan temen temen disini ada yang ngalami hal serupa jangan vonis ganti alternator / IC nya dahulu, coba tengok dulu skun dan perkebalen.

Sampai jumpa dan ketemu di artikel lainnya trimakasih



No comments:

Post a Comment