Sunday 29 October 2023

Pompa Power Steering Mobil Bocor

Pompa Power Steering Mobil Bocor



Cerita lagi duka dalam merawat motuba, motuba yang ini tentu saja opel blazer saya, jadi sejak saya beli di tahun 2017 saya belum pernah ada kendala di masalah steer, aman aman saja, namun waktu itu ada suara aneh di area drive belt / fan belt.

Suara aneh tersebut seperti suara yang kasar, di area alternator, seperti suara bearing yang macet gitu, tapi waktu itu saya udah benerin alternator sekalian ganti bearing nya, maka saya curiga ada masalah di pompa PS,

kronologi kejadian, pas liburan lebaran saya cuman mau ngemall aja trus sampai diperjalanan suara kasar makin kenceng, setelah itu diikuti dengan suara yang mendecit di fan belt, saya minggirkan di bahu jalan lalu saya buka kap mesin, alangkah terkejutnya oli merah (ATF) berceceran dimana mana, saya tengoklah ternyata keluar dari balik pompa ps,,wah pompa ps jebol,,,,beruntung jarak dari rumah kira kira 3km an,  langsung tancap gas pulang ada saran dari saya.

1. bawalah cadangan 1 botol ATF untuk berjaga jaga, karena ketika terjadi pompa bocor kalau jarak jauh jangan sampai tetep dipake, karena ketika dipaksakan ada komponen yang akan tambah rusak, bisa jadi worm steer ikut kena, sayang karena harganya mahal.
2. kalau jauh dari rumah coba telpon bengkel aja, atau bisa towing ke bengkel karena daripada masalah mrembet ke komponen lain ketika dipaksakan.

lalu waktu itu saya bawa pulang, setelah saya bawa pulang saya diamkan dulu sambil ngundang yang paham mengenai permotuba an, lalu saya minta tolong dicopotkan dan dipasangkan pompa PS lain, nah waktu itu saya coba beli pompa PS ecotec ternyata entah barang nya yang busuk atau tidak cocok di tempat saya, alhasil setelah dipasang steer tetep berat, padahal angin nya sudah dibuang / tidak ada angin yang terjebak. lalu saya retur barang tersebut. selanjutnya saya beli copotan aja dengan harga 650rb barang seken pompa PS original blazer belum pernah servis, alhasil setelah dipasang maka setir normal kembali.

1 kemarin saya perhatikan untuk nyopot pompa ps ini ada 3 baut , yang 1 dibelakang pully pompa ps yang 2 dibelakang nya, karena kemarin saya bawa ke bengkel biaya pasang nya itu 200rb guys. karena untuk blazer cukup ribet karena tempat sempit.



untuk pompa ps lama diapain ? kemarin saya benerin ke tukang servis, saya beli seal nya itu 220rb , seal aja ,lalu untuk jasa 200rb jg, sebenarnya untuk urusan pompa ini saya cukup spend money , sekarang saya simpan untuk cadangan, mengingat untuk mendapatkan pompa ps ini gampang gampang susah. 



sedikit tips dari saya
1. kalau ada suara aneh segera bawa ke bengkel biar tidak kejadian dijalan
2. spesifikasi oli pompa ps sesuaikan dengan spesifikasinya, untuk blazer menggunakan oli ATF bisa menggunakan merk merk lain seperti pertamina atau castrol, butuh kira kira untuk menguras itu 2 liter.

tampilan dari belakang pompa ps ecotec.

tampilan dari depan



Sekian dari saya terimakasih,,ada pertanyaan langsung tulis di komentar

No comments:

Post a Comment