Friday 7 August 2020

Pengalaman Nyairin BPJS

Pengalaman Nyairin BPJS 




http://suarahampa.blogspot.com/ berawal dari sini kena PHK ane kemarin tuh menyairkan BPJS karena emang ane butuh banget nih. ane kira susah ternyata tidak gaes


pertama yang dilakukan adalah pastikan kamu terdaftar di BPJS ketenagakerjaan, dan untuk lihat saldo adalah download aplikasi BPJSTK disitu kita lihat saldo JHT. setelah itu nyairinya setelah 1 bulan tidak kerja, kemarin sih ane lebih dari 1 bulan karena emang sebisa mungkin jangan dicairkan kalau tidak butuh, eh karena butuh ya ane cairkan lah.


lalu ane untuk mengantri bpjs di url ini https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ disitu kita mengisikan data data yang dibutuhkan, saya sarankan buka antriannya setelah subuh,.karena kalau udah pagi atau siang bakalan gak dapet antrian gaes, jadi kayak dibatesi dlu, di form antrian juga ada pilihan pelayanan akan dilakukan jam berapa gitu, jadi kita bisa tau kita akan dihubunginya kapan lagi.


setelah terdaftar maka akan dapat email dari BPJS, nah disitu dijelaskan apa aja yang dibutuhkan  seperti ini
1. Kartu peserta , bisa fisik atau cetakan kartu digital yang dari aplikasi
2. KTP
3. Kartu Keluarga
4. Surat Keterangan Kerja / Verklaring / Surat Keputusan / Surat Keterangan cacat
5. Buku Rekening pada halaman yang tertera Nomor Rekening dan masih aktif
6. Foto Diri terbaru (tampak depan)
7. Formulir Pengajuan JHT yang sudah diisi dan ditandatangani (Download)
8. NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan saldo diatas Rp. 50.000.000,- atau Klaim JHT pengambilan 10%)

nah itu formulir dicetak dulu, link ada di email kok tinggal download aja dicetak, disi lalu discan gaes.


kemarin sih ane udah beres gitu, lalu ane submit di url upload dokumen, tampilannya kayak gini.




udah tinggal upload aja terus submit gaes, setelah itu nunggu verifikasi video call dari petugas, nah kemarin ane ada kesalahan, sebelum hari H video call dikabari dan disuruh nglengkapi, kalau gak lengkap melebihi batas hari H maka dianggap batal. permasalahan kemarin ane adalah ane malah tidak melampirkan surat rekomendasi, jadi yang dimaksud dari point 3 itu yang surat keterangan kerja itu, adalah surat yang didalamnya berisi surat rekomendasi kerja gitu, lalu sama kartu BPJS ternyata ane salah juga, yang ane lampirkan malah jaminan pensiun, ane ganti dengan cetakan digital yang dari aplikasi BPJSTK. selanjutnya ane susulkan di email.

setelah sudah lengkap ane dihubungi dan di beritahu dulu lewat whatsapp


nah kalau jam nya gak bisa , bisa tulis aja bisanya jam brp gitu, pokoknya dikabari dulu, takutnya nanti dianggap batal kalau dihubungi gak bisa. 


nanti verifnya nunjukin dokumen yang diupload, jadi usahakan sebelum videocall verif dokumen sudah disiapkan, dan cari koneksi yang bagus gaes, biar lancar pas video call. selanjutnya kita dikasih tau pencarian akan memakan waktu kira kira 6 hari kerja. 


setelah itu kemarin ane cek beneran, alhamdulilah saldo BPJS ane udah cair di rekening, simple dan gampang kok gaes, asal dokumen lengkap, dan serba online.hehe

kalau ada pertanyaan bisa tulis komentar dibawah ini gaes....bye bye





No comments:

Post a Comment