Friday 7 August 2020

Nyobain Lensa Fujian 35mm dengan Nikon J5

Nyobain Lensa Fujian 35mm dengan Nikon J5



http://suarahampa.blogspot.com/ halo selamat pagi siang sore atau malam gaess, ane pengen review kejadian kemarin . jadi kemarin ane tu pengen lensa fix di mirrorless nikon J5 ane, jadi bosen gitu gaes pake lensa bawaan.


      Nah dari situ ane coba browsing2 gaes, ada beberapa lensa berbagai merk yang murah murah, kayak meike , fujian, lalu ane liat lensa Fujian tertarik ane dengan lensa ini. ane sempet lihat video video nya lensanya bokehnya bagus dan gak swirl banget gitu.



      Lalu ane lihat di tokped , disana ada yang pasang harga 460 udah dapat perlengkapannya seperti ring macro, unit lensa dan adapter gaes. ane order deh lensa ini via tokped. setelah beberapa hari lensanya datang .


nah itu lensanya, kecil banget kan. build quality menurut ane lumayan sih, terbuat dari besi, disitu ada pengatur bukaan lensa serta fokus lensa, oiya dapat lens cap depan belakang juga.


nah ini adapternya, biar pas dimasukin ke body nikon j5 gaes.


ini ring macro, berguna kalau kita pengen foto ala ala macro gitu, lensa akan lebih zoom, ane minta sm penjual 2 .

lalu ane coba tuh lensa, pas ane coba pasang lalu ane hidupin di layar ada tulisan "check lensa. pictures can only be taken when lens is attached" ane bingung kan ini kenapa, lalu ane coba browsing2 karena ini nikon gak detek lensa gitu, akhirnya ane puter2 dial button yang atas itu ke manual ternyata bisa buat ngambil gambar.



kekecewaan berawal disini, setelah ane cobain kok gambar ngzoom banget gaes.
diatas adalah lensa 50mm yongnuo di body nikon DSLR d3000

        

ngzoomnya parah sih menurut ane, karena ane berfikir dapat bidang yang besar ternyata kecil aja ternyata lebih kecil daripada bidang lensa 50mm yang ane pasangkan di DSLR, huhu kecewa deh. lalu ane tanya penjual , doi juga bingung kok ngzoom nya banget, ane diminta cek apakah ring macro terpasang, ane udah pastikan tidak,






bisa dilihat tidak ada lens macro terpasang dan adapter pun dah sesuai dengan spek nya , jujur saja ane nyari info lensa ini kok minim info ketika dipasangkan di nikon j5 gaes. ane komplain ke penjual untuk mengembalikan barang di ganti uang aja, beruntung penjual mengiyakan karena mungkin dia berfikir kok gak sesuai ekspektasi gitu, dia bilang kok ngzoom juga, jadi daripada gak kepake ane balikin aja, ane kasihan seller juga sih karena udah mengeluarkan biaya dan lensa pun gak jadi baru lagi, tapi gimana wong terlalu ngzoom parah , buat foto foto gak nyaman. tapi ane juga paham ane minta refund gak 100 persen, karena seller juga udah mengeluarkan biaya gitu.



untuk penggunaan sebenarnya gak susah kok, tinggal setting bukaan lensa yang diinginkan sama atur fokus aja, namun masalahnya kalau pake lensa manual ini kan si nikon gak ada view finder jadi agak kesusahan untuk menemukan apakah sudah fokus atau belum, 

semoga artikel ini menjadi pertimbangan untuk membeli lensa fujian 35mm di pasangkan di body nikon j5 , kata seller tidak ada yang pernah komplain, mungkin karena bodynya bukan lensa nikon j5 ini. 

setelah itu ane baru kepikiran buat cek lensa bawaan dan ternyata adalah....


tadaaa bener sih lensa ngzoom lah wong bawaan saja dibawah 35mm focal length nya, emang bener lah ngzoom, ane jadi gak enak sm seller nih, nah sebelum kamu cek dlu lensa bawaan, focal length nya berapa, kalau di lensa ini 10-30mm aja dikasih lensa fix 35mm udah gak nyaman.



sekian dan terimakasih, makasih dah mampir gaes..







No comments:

Post a Comment