Monday 18 December 2017

Kenangan menggunakan HP di awal tahun 2000an

Kenangan menggunakan HP di awal tahun 2000an


Masih inget dulu waktu tahun 2000an, waktu itu ane baru kelas SD kalau ngga SMP, hp yang saat  itu cukup kekinian, misalnya dengan Fitur yang saat itu dibanggakan misal warna sudah berwarna bukan monokrom lagi, suara polifonik, dan HP berkamera, waktu itu memang HP berkamera masih jarang dan harganya pun masih terbilang mahal.

     Jujur saja Tahun segitu ane belum punya HP, tapi ada satu teman ane waktu SD kelas 6 pernah bawa HP Nokia sudah ada kameranya, wow banget lah..sekitar Tahun 2003 an  kalau ngga salah. HP pun waktu itu masih monofonik dan monokrom kayak kalkulator ..hehe


     Langsung saja berikut kenangan - kenangan dari apa yang ane lihat dan apa yang ane alami sendiri.

     Tukeran HP.
Gak tau kenapa dulu waktu SD ada teman ane yang hobinya nyobain hp satu ke lainnya, biasanya HP nya dibawa pulang beberapa hari, ya mungkin buat nyoba fitur aja, maklum waktu itu fitur HP masih sangat terbatas.

      Model HP jaman dulu unik-unik
Tidak bisa dipungkiri untuk model hp pintar jaman sekarang tidak sevariatif jaman dulu, dari apa yang ane lihat Merk Nokia yang kebanyakan menelurkan model HP yang aneh aneh, misalnya seperti hp kupat , hp untuk game seperti N-Gage, jaman dulu juga model hp sangat macam-macam, mulai dari yang standar sampai yang ribet, misalnya untuk menggunakan perlu sliding dulu, atau melipatkan HP, biasanya kalau model sliding lama-kelamaan kabel flexy cepat rusak, alhasil pasti hp bersahabat dengan tukang servis / konter

      SMS dibuat sesingkat-singkatnya
Jaman dulu memang biaya sms masih mahal, maklum belum ada whatsapp atau BBM sob, jadi ketika SMS karakternya disingkat sesingkat-singkatnya, lebih singkat dari hubungan pacaran dengan mantanmu...#eeaaaaa. Selain itu kadang beberapa orang suka nulis Huruf besar huruf kecil, atau dengan menggunakan campuran angka sebagai pengganti karakter, jujur ane pernah melakukan ini, kita semua  alay pada waktunya, beruntunglah jaman sekarang kebiasaan mencampur tulisan dengan angka maupun nulis huruf besar dan huruf kecil secara random sudah dihentikan, jadi bisa dibilang memutus rantai kebiasaan alay jaman old.

          Menyusun karakter di SMS membentuk sebuah gambar.
Nah beberapa orang suka sekali membuat sms membentuk gambar,misalnya ketika mengucapkan ucapan Selamat Hari Raya , Selamat Tahun baru, selamat ulang Tahun, tapi kebanyakan cuman copas aja, tinggal diganti namanya, bener ngga ? ngaku aja ? atau nyomot dari website kumpulan sms lucu dan bergambar, jujur saja ane dulu suka ngirim sms lucu ke teman sekolah cuman buat sekedar buang bonus aja. 

      Internet masih barang yang wah
Ini ane sendiri yang ngalami waktu sekolah SMA itu biaya internet menggunakan seluler / data sangat mahal, masih ingat dulu tarifnya 0.1 rupiah/ kbps itu tarif paling murah menurut ane, operatornya dengan inisial ISAT. gak kebayang kalau sekarang internet masih mahal, pas bukak vlogger baru opening yucuber bilang "whatsappp guys" pulsa sudah ludes, beruntung ya jaman now kuota makin melimpah, namun memang sampai saat ini ada beberapa daerah belum tercover jaringan yang bagus.

     System operasi masih menggunakan symbian atau java
       jaman dulu itu kebanyakan hp yang sudah agak pinter menggunakan operasi symbian atau java, masih inget dulu ketika ada sesama symbian saling kirim file, jika salah satu ada virusnya maka akan menjangkiti hp lainnya yang terhubung misal dari bluetooh atau infrared, untuk java ada seri-serian, kadang ngeselin kalau seri JAVA di hp kita rendah, aplikasinya cuman terbatas aja karena tidak bisa menginstall aplikasi untuk kelas JAVA yang tinggi.

      Memori internal yang kecil
Ingat ngga hayo ketika file mp3 yang kamu simpan dulu ukurannya untuk satu lagu bisa cuman 500kb, ini terjadi karena user ngcopy file mp3 yang sudah dikompress, tujuannya apa? ya biar hp nya muat banyak lagu, karena memang dulu hp masih belum bisa dikasih memory external, jikapun ada dulu hanya support memory external yang ngga gede-gede amat, cara ngakalinnya ya dikompress...termasuk koleksi 3GP, yang kalau dilihat malah bikin pusing....file apaan tuh..hehe

      Konektivitas kebanyakan infrared dan bluetooth
Jaman dulu belum ada shareit ya, jadi ketika kamu ingin berbagi file musti pake infrared atau bluetooh, hp canggih saat itu pasti sudah ada bluetoohnya, kalau pake infrared nyebelinnya ketika mau berbagi file, si hp harus saling dideketin.

      Aplikasi tidak sebanyak sekarang
Mungkin memang karena hardware hp belum sehebat sekarang, maka aplikasi-aplikasi jaman dulu masih sangat terbatas, cara mendapatkannya pun tergolong susah, musti browsing-browsing dulu, oiyo masih ingat ngga ketika kamu ingin mencoba aplikasi sesuatu download dulu lewat waptrick atau getjar ? ingat ngga hayo ?. aplikasi favorit jaman dulu untuk browsing opera mini, kamus inggris-indo, dan untuk instant messaging mig33, aplikasi chatting yang sangat booming dikala itu.

      Kamera yang masih menggunakan VGA
HP pertama berkamera jaman dulu kebanyakan masih pake VGA, VGA disini hanya mampu mengambil gambar dengan resolusi 640x480, bisa dibayangin hasilnya kayak apa, banyak noise nya dan ketika di zoom pasti pecah, beruntunglah teknologi zaman now sudah sangat maju, kamera HP sudah ber mega piksel.

Segitu dulu sob kenangan bersama mantan hp jadul, bila ada hal yang berkesan boleh kok tulis di kolom komentar, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sob...

     

1 comment:

  1. Haha mantap bro, gua juga ingat waktu masih pake hape Nukiyem 5320 XM, browsing pake opmin handler, jadi member Zonamobile, belajar bikin wapsite saat itu domain xtgem paling laris digemari. betapa indahnya saat itu. oh iya dulu juga lagi booming boomingya Hp Soner yang seri Walkman.

    ReplyDelete