Friday 3 March 2017

Hati - hati lowongan palsu

Hati - hati lowongan palsu

(contoh lowongan palsu)

Halo gaes...pada sehat kan yak ? pada kesempatan ini ane pingin membahas tentang informasi lowongan palsu dan penipuan panggilan tes, karena beberapa hari yang lalu pacar ane dapet undangan interview yang cukup mencurigakan. itu intronya dulu ya..

Memang saat setelah lulus kita bakal ngebet bekerja di perusahaan besar(tidak berlaku bagi yang ingin berwirausaha). terkadang kita mencari / mendapatkan info dari website / sosmed yang sumbernya tidak jelas. oleh karena itu kita sebaiknya waspada, karena apa ? karena bisa jadi kita salah memasukkan lowongan palsu, jaman sekarang ngga hanya alamat saja yang palsu, lowongan pekerjaan pun yang palsu banyak bertebaran di internet. selain itu data pribadi kita akan tersebar yang bisa dimanfaatkan untuk tindakan negatif, jadi sebaiknya setiap ada lowongan lebih baik pastikan itu informasi yang valid.

Melanjutkan intro, beberapa hari yang lalu pacar ane mendapatkan undangan interview palsu, sebelumnya pacar ane daftar melalui j*bstreet, kok bisa se kelas j*bstreet ada informasi lowongan palsunya ? jadi ceritaanya gini ada sebuah perusahaan yang di hack lalu si hacker mendapatkan id dan password akun j*bstreetnya, ko ane bisa tau ? karena saat pacar ane mendapatkan undangan interview lalu ane lihat kok agak janggal saat itu juga ane nyuruh pacar ane telepon ke CS yang bersangkutan, jawaban si CS menjelaskan seperti di atas, dalam benak ane kok penipuan info lowongan jaman sekarang ngeri banget yak, sebelum telepon cs perusahaannya feeling ane dah gak enak yang pertama kita suruh booking tiket , padahal perusahaannya ada di jogja tapi testnya di luar kota , yang kedua karena kok email perusahaan sama surat undangan test berbeda ngirimnya, dari email perusahaan A sedangkan undangan testnya perusahaan B, lucu kan?, hackernya ane acungi jempol bisa membobol webserver perusahaan lain, tapi mboknya sadar, karena seorang pencari kerja  biasanya pengangguran ,apalagi sampai tertipu masak ngga kasian ? 

Modus penipuan undangan tes nya begini, jadi kamu mendapatkan undangan interview di luar kota, lalu kamu disuruh membooking tiket di suatu perusahaan tour and travel fiktif(biasanya mencatut perusahaan tour and travel terkenal), di dalam surat undangan tes mengatakan kamu disuruh transfer sejumlah uang dan kamu mendapatkan tiket, nah penipuannya di situ..sudah paham ?

Untuk menghindari penipuan undangan test dan info lowongan palsu sebagai berikut.

- Dapatkan info lowongan dari situs yang terpercaya
- Kalau pada lowongan kerja menyebutkan gaji dengan nominal yang "wah" kamu patut curiga, karena jarang sekali perusahaan yang mencantumkan gaji "wah" pada lowongan, bisa jadi lowongan itu malah mengajak kamu untuk gabung ke sebuah MLM, kalau dapet kapal pesiar gak papa sih, tapi kalau enggak ? :D
- Dapatkan info dari temanmu yang sudah bekerja, ya siapa tau teman kita baik ,bisa jadi malah kita dapat rekomendasi
- Jangan asal masukkan lamaran, karena saking ngebetnya kadang kita asal memasukkan lamaran, padahal belum tentu email HRD nya valid
- Carilah info lowongan di website official sebuah perusahaan, karena seringkali perusahaan yang sudah maju menyediakan halaman untuk submit lowongan
- Rajin - rajin dateng ke acara Job fair / career expo
- Kalau kamu mendapatkan undangan test yang intinya keluar duit dulu lalu nanti akan diganti oleh perusahaan kamu patut curiga, siapa tau itu undangan test palsu yang seperti saya jelaskan diatas. 

Ya semoga infonya di atas sangat bermanfaat, jika kamu mendapatkan info lowongan dan undangan tes namun ada keraguan bisa hubungi ane by telegram or hangout, terimakasih. jika kamu menggangap penting tolong disebarkan ya, semoga menjadi amal jariyah kita semua


berikut lampiran contoh undangan tes palsu








No comments:

Post a Comment