Sunday 19 March 2017

Investasi pentingkah ?

Investasi pentingkah ?


Sebelum membahas ini ane mohon maaf jika artikel ini tidak berbobot sama sekali, karena ane hanya ingin menuangkan pikiran dalam tulisan, langsung saja.. Investasi pentingkah ?. dibenak kalian pasti langsung bilang " wah harus punya duit banyak dulu" sebelum memulai investasi. Padahal untuk memulai investasi tidak harus punya uang banyak dulu untuk memulai, malah lebih baik kalau kita dikit demi sedikit menyisihkan gajian kita untuk investasi, ya buat tabungan masa depan. 

Di luar sana banyak instrument investasi, seperti emas, properti, reksadana, saham, obligasi dll. nah sebaiknya kita memilih instrument investasi sesuai dengan kemampuan kita aja, misalnya reksadana, hanya dengan uang 100rb pun kita bisa membeli unit produk reksadana, keren kan ? ngga harus punya modal banyak dulu kan?. kenaikan tiap tahun reksadana pun lumayan menggiurkan, biasanya 8%-15% , lumayankan ??

kenapa kita harus memulai investasi ? karena inflasi tiap tahun itu lumayan besar jadi kalau duit kita di taruh di bank maka duit kita ngga nambah - nambah, malah inflasi tiap tahun lebih besar daripada bunga bank gaes, jadi solusinya ya investasi itu. kalau punya uang banyak ya belikan properti pasti beberapa tahun mendatang nilainya bisa berlipat-lipat.

Kalau ane sendiri menyisihkan sekitar 30% dari gaji untuk menabung di reksadana, nilai yang begitu kecil, tapi kalau kita menabung direksadana secara konstan tiap bulan maka lama-lama juga jadi banyak , entah 5 tahun yang akan datang atau 10 tahun yang akan datang, yang jelas semakin lama kita menabung di reksadana maka nilai returnnya semakin besar. sebenarnya kalau menurut ane kalau kita menabung di bank itu sebuah kerugian karena bunganya sangat kecil, namun bagaimana pun tabungan di bank harus ada buat kebutuhan yang mendadak. 

Jadi intinya semakin cepat kita memulai investasi  semakin bagus, namun perlu diingat setiap investasi pasti ada resikonya.

2 comments: