Sunday 19 February 2017

Soto Bathok Mbah Katro



Haloo gaes.... masuk awal tahun ini ane malah ngga produktif, padahal dulu resolusi tahun baru 2017 pengennya produktif dalam hal mempublish tulisan, ya tapi gak papa lah, yang penting blog ane tetep ane pantau. 

Belum pernah menulis soal makanan maka ane kali ini ingin membahas makanan "Soto Bathok" , kalau soto pasti kalian sudah tau tapi kalau "Bathok" mungkin orang yang bisa bahasa jawa yang tau artinya "Bathok", Bathok itu adalah tempurung kelapa, jadi soto bathok adalah soto yang cara penyajiannya menggunakan tempurung kelapa sebagai "wadah" nya. 

Warung soto / saoto ini berada di Jalan Candi Sambisari, RT.03, Purwo Martani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Soto dinamakan soto mbah katro karena pemiliknya bernama mbah katro..yaiyalah.. masak mbah denny..haha. Selain cara penyajian yang unik tempat warung soto ini juga unik menurut saya, karena berada di daerah desa dan samping kanan kirinya deket sawah, jadi anginnya sepoy sepoy gitu, gak perlu kipas angin, terlihat asri juga. Warung soto ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 pagi sampai jam 16.00 WIB, ane sempet tanya-tanya sama pegawainya katanya kalau hari libur keagamaan libur.

Untuk menemukan warung ini tidaklah sulit, kalau dari bandara Adisucipto tinggal ke timur sedikit nanti ada alfamart, timur jalan alfamart ada jalan ke utara, ikuti jalan itu aja nanti akan ketemu candi sambisari, nah letak warung soto ini utara persis candi sambisari, jadi setelah/ sebelum jajan soto, kamu bisa mampir main ke Candi Sambisari.

Kemarin ane sama pacar ane, yang ngebet pengen nyobain pacar ane tuh, penasaran. berangkat dari dari rumah jam 7an pagi. sampai sana jam 8.30, masih sepi karena hari itu hari jumat, mungkin kalau pas weekend rame banget. 


Tibalah di warung soto mbah katro, nyampai sana antri beberapa orang, pesan terlebih dahulu setelah itu milih-milih tempat duduk.



Clingak-clinguk milih tempat duduk ane memutuskan milih tempat kursi di kursi aja.



 Ngga menunggu lama pesanan pun dateng, setelah ane coba kuahnya rasanya menggoda iman sekali, dagingnya juga ngga terlalu "Alot". ane juga pesen tambahan lauk tempe dan usus ayam. kalau kalian tanya soal harga pasti kalian kaget karena menurut saya murah, apalagi bagi temen-temen yang berasal dari kota besar. yap semangkuk soto harganya 5000 rupiah, murah banget kan? rasanya kurang kalau hanya 1 mangkuk, ane kemarin sama pacar ane habis 4 mangkuk, karena sotonya enak sekali dan rasanya pengen nambah terus,hehe  kalau kamu ke jogja rugi rasanya ngga mampir di warung ini, ini buktinya kalau murah.

                      ( menu makanan dan minuman )

 beberapa foto yang sempet ane ambil :


                       (di pinggir warung ada kolam ikan)
 ( si doi pengen nambah lagi, tapi katanya takut gendut)
                      ( ada toilet dan musholanya juga)
 ( ada ayunan buat anak, kalau anak lagi rewel bisa di ajak main ayunan)

                      ( Plakat Saoto Bathok Mbah Katro)


 
Cukup sekian dulu ya gaes, terimakasih yang sudah membaca, jika ada ralat mohon koreksi ane, bisa melalui komentar atau Japri ane, pokoknya kalau main ke jogja situ musti kemari..kalau ngga tau jalannya jangan ragu-rabu tanya ane.,.byee...

2 comments:

  1. Replies
    1. mampir lah mba kalau main ke jogja...hehe deket sama candi sambisari..jadi bisa sekalian wisata..terus kalau dah laper..baru ke soto mbah katro

      Delete