Saturday 16 July 2022

Ciri alternator / dinamo pengisian mobil bermasalah

 Ciri alternator / dinamo pengisian mobil bermasalah


Seperti yang kita ketahui alternator adalah part yang vital yang ada dikendaraan yang masih menggunakan supply tegangan listrik menggunakan dinamo pengisian, mungkin kalau mobil listrik tidak perlu part ini wkwkw. intinya kalau part ini tidak bekerja dengan baik maka sistem kelistrikan di kendaraan akan kacau.

seperti yang kita ketahui banyak komponen dikendaraan mobil membutuhkan energi listrik, seperti dikendaraan yang sudah injeksi adalah ECU, komputernya atau otaknya mobil, dinamo fuel pump, ini kalau tidak ada listrik maka bensin tidak naik, terus lampu lampu pada kendaraan, ini juga kalau tidak ada listrik maka lampu tidak nyala,terus AC blower jg kalau tidak nyala maka ac tidak bisa dihembuskan , terus elektrik fan, mobil2 belakangan sudah banyak meninggalkan visco fan , yaitu fan yang mengikuti putaran mesin, jadi elektrik fan ini kalau tidak ada listrik ya mokat, wasalam dah cooling sistem nya, dan masih banyak lagi...bisa ditambai dikolom komentar wkwkw.

terus problem apa aja sih yang bisa terjadi di alternator ini ? yang paling simple adalah kabel tidak konek dengan sempurna , alhasil strum akan putus nyambung putus nyambung, ending nya kalau tidak sempurnah maka aki akan tidak awet karena strum akan dibawah minimal, terus yang simple lagi adalah bearing alternator, nah ini yang kejadian di kebo saya, bearing ini kalau macet nanti lama lama angker nya bisa rusak , bisa kemakan, terus yang lebih berat adalah IC nya jebol sehingga mungkin menyebabkan pengisian akan berkurang misal dibawah 12volt atau malah lebih dari 14volt, artinya strum overcharge, kekurangan strum atau kelebihan strum sama sama membahayakn aki, kalau overcharge bisa bikin aki mendidih.

tapi disini saya akan spill kerusakan yang terjadi pada alternator blazer saya, yang pertama adalah suara kasar, nah ini gejalanya adalah ketika dinyalakan pertama kali ada bunyi gesekan besi di area alternator, tp lama lama bunyi akan hilang, tp kalau makin parah keadaan mesin panas atau dingin bunyi gesekan akan selalu ada, ini penyebabnya ringan yaitu hanya bearing saja yang oblak atau macet, kalau dikasus saya ini bearing macet, untung tidak ada kerusakan pada dalaman alternator.

nah bearing ini sebenarnya murah, yang lumayan ini adlaah biaya nyopot alternator dan biaya bongkar nya, pembongkaran alternator diblazer cukup ribet, seperti nyopot pompa Power steering dlu, kira kira ini klaau dibengkel biaya nyopot pasang alternator 150rb terus biaya benerin ganti bearing tidak lebih dari 100rb. 

terus kerusakan lain yang kemarin saya alami adalah pengecesan tidak sempurna, harusnya ketika full beban adalah tidak kurang dari 13.4v tapi kemarin bisa sampai 13.1v. lama lama bisa turun ke 12v, perlu diingat starter butuh 12v jadi kalau dibawah 12v maka tidak bisa starter.


part yang rusak dari strum ngdrop adalah IC alternator,  part ini harganya 200-250rb karena made in china, kalau yang germany harganya bisa 2x lipat guys, tapi ya keawetan pasti terjamin.


tanda dari IC biasnaya ada part yang meleleh, biasanya dibawah alternator ada kaya lelehan lem tp ketika di raba mengeras seperti ada plastik yang meleleh, nah ini part yang kemarin di ganti, wajar saja ini udah dari tahun 98 udah puluhan tahun lah ya. wajar udah minta jajan.



setelah dipasang maka seperti ini, kayaknya kemarin ada yang digerinda dikit apa ya, tapi yang jelas ini pas kok, sebenarnya di marketplace banyak pilihan guys, yang jelas tanyakan dlu bisa gk buat opel blazer, sbnere punya mercy pun juga PNP.

review kemarin setelah saya coba ketika tanpa beban 14.1v lalu ketika full beban bisa anteng di angka 13.7, yang jelas ini udah normal, kerusakan alternator ini memang susah susah gampang, karena kalau udah digulung ulang ada yang bilang susah mencapai strum yang ideal, karena kan ini gulugnya pabrikan ya.

jadi perbaikan ini kira kira diblazer ane

1. part IC harga 250rb
2. ongkos bongkar pasang 150rb
3. ongkos ke tukang dinamo dan ganti bearing 100rb

total nya adalah 500rb, luamyan lah ya daripada macet dijalan, saya berusaha ganti duluan sebelum rewel dijalan..

kalau ada yang ingin ditanyakan bisa komen komen di kolom komentar ya guys, sepertinya masalah alternator ini general, tidak cuman diblazer aja model2 masalahnya. trimakasih

No comments:

Post a Comment