Saturday 11 August 2018

Pengalaman Balik Nama Sendiri

Pengalaman Balik Nama Sendiri


Jadi ceritanya ane bulan ini mau balik nama si tua kebo ane, kan itu dari dulu beli belum ane balik nama sob, kemarin sih pernah sekali pinjem KTP pemilik lama , tapi berhubung pemilik lama ada mobil baru jadi untuk tahun selanjute ane gak bisa pinjem lagi, karena mau dipake mobil nya yang baru.
       
      Okay jadi begini langkah kemarin saat balik nama, oiya ane jelaskan dulu sebelumnya, kebo ane adalah kendaraan wilayah sleman dan ane sendiri tinggal di Bantul , mau ane mutasi ke wilayah Bantul , langkah ane adalah mengumpulkan berkas untuk cek fisik , yaitu BPKB asli , STNK asli, Kwitansi Pembelian dan KTP asli pemilik baru (milik ane), dokumen tersebut dikopi jumlah nya rangkap 3 untuk keperluan cek fisik, oiya ane pagi pagi datang ke POLRES Bantul untuk mendaftarkan cek fisik, langsung aja ke bagian balik nama kendaraan , kita mengumpulkan berkas tadi , lalu kita akan mendapatkan kertas cek fisik (kayak di gambar di atas) setelah itu kita menuju ke tempat pengecekan fisik, ane nunggu sekitar 30 menit akhirnya petugasnya datang, skitar jam 8,30 an, ane mendapatkan giliran nomer 4, gak lama kendaraan ane dilakukan cek fisik yaitu gesek nomer rangka dan nomer mesin, setelah itu kita kembali lagi ke bagian BPKB untuk mendapatkan stempel , setelah itu dokumen cek fisik dikembalikan. Oiya disini ane hanya habis 10rb , untuk biaya penggantian kertas cek fisik saja, ini ane lakukan pada tanggal 4 Agustus 2018,

     Lalu tadi pagi tanggal 11 Agustus 2018 ane ke POLRES Sleman untuk cabut berkas tapi ternyata sampai sana ane disuruh ke SAMSAT, haha salah info nih ane, langsung ane memacu motor ane revo, di sini ane gak bawa si kebo tapi si revo, cukup ane bawa cek fisiknya saja, oiya di sini ane bawa dokumen KTP Asli ane, BPKB Asli, STNK Asli, Kwitansi Asli, Dan Cek fisik tersebut, langsung saja ane menuju bagian informasi, di sana ane diberitahu bapak bapak yang baik hati untuk mengganti kwitansi pembelian, katanya kalau kwitansinya lama (tanggalnya) bisa kena denda, jadi mendingan kalau situ transaksi jual beli maka tanggal twitansi di kosongkan saja , diisi sehari sebelum hari ini, jadi ane isi tanggal 10 Agustus 2018, oiya setelah itu ane ke pengesahan dulu, yaitu pengesahan cek fisiknya, disini tinggal ngumpulin aja dan langsung jadi, dan gak bayar, setelah itu ane menuju tempat fotokopi , dokumen tersebut harus di fotokopi rangkap 4, langsung itu ane menuju bagian Mutasi keluar / Mutasi Masuk, di sini dokumen asli dan fotokopian di kumpulkan, lalu setelah menunggu beberapa menit ane di panggil untuk membayar biaya cabut berkas yaitu sebesar 250ribu, setelah itu ane disuruh ke pembayaran dan setelah membayar ane kembali ke lokat mutasi masuk / mutasi keluar, nah disini kita menunjukkan bukti pembyaran tersebut, setelah menunjukkan ane dikasih surat untuk tanggal pengambilan berkas, bukti pembayaran cabut berkas dan kertas resi ambil berkas jangan sampai hilang, disimpen . lalu setelah itu ane menunju ke loket C di situ ane dikasih surat jalan, nah sampai di sini dulu ya..akan update setelah ada proses berikutnya, mohon bersabar....mau ane tulis ntaran kalau udah jadi tapi takutnya ane kelupaan...hehe maafkan ane
(biaya cabut berkas untuk Roda 4)


Update
7 September 2018

jadi kemarin  Jumat 7 September 2018 ane mau ngambil ke samsat sleman tapi setelah sana ane gak bisa ambil karena ane lupa gak bawa surat jalan, jadi ketika mau ngambil berkas syaratnya yaitu bawa surat jalan dan bukti pengambilan cabut berkas, yasudah ane langsung berangkat kerja

Update
8 September 2018

Hari sabtu 8 September 2018, ane sudah bawa surat jalan dan bukti pngambilan berkas, okay ane langsung menuju samsat sleman, gak lama ane bawa berkasnya, di sini ane gak ngluarin uang sama sekali, kecuali kalau ada tunggakan maka ditagih. setelah dari samsat sleman ane menuju polres bantuk untuk mutasi masuk, di sana ane disuruh fotocopy dokumen berkas tersebut 2 rangkap, setelah diperiksa dokumennya ane dikasih kwitansi untuk dibayarkan ke kasir BRI , yaitu biaya penerbitan BPKB baru sebesar 375rb, setelah ane bayar ane kembali lagi ke bagian mutasi masuk lalu ane kasih kan buktinya, setelah itu cek fiskal dll dikembalikan ke ane, setelah itu ane disuruh ke samsat bantul, setelah sampai samsat bantul ane di suruh untuk memfotokopi bukti pembayaran BPKB baru, jadi yang dikumpulkan adalah FC an nya, setelah itu menuju ke ruangan cek fisik, disitu dokumen ane diperiksa, setelah itu ane disuruh ke ruangan untuk pendaftaran STNK baru dan TNKB baru , RInciannya 200 untuk penerbitan STNK baru , 100 rb untuk TNKB baru, nah setelah itu ane menuju loket 1 untuk mutasi masuk,  di situ dokumen ane dikumpulkan lalu ane dikasih bukti penerimaan dan disuruh kembali lagi tanggal 18  september, okay ditunggu lagi ya kawan updateannya...


Update
18 September 2018

Tanggal 18 September hari selasa kemarin ane balik ke Samsat bantul untuk menyelesaikan pembayaran, biaya yang dikeluarkan adalah BBN  , biaya PKB dan SWDKLLJ, 
Rincian
BBN           : 480rb
PKB           : 693rb
SWDKLLJ : 131rb

Total           : 1.304.000,000

Nah setelah membayar ane dapet bukti ini

nah itu biaya sekalian dengan perpanjangan STNK setahun kedepan, berhubung hari itu ane kerja maka setelah membayar ane langsung kerja, untuk pengambilan plat dan TNKB hari sabtu ini 22 September 2018, yep barusan. nah total nya berapa nih dari seluruh biaya mutasi dan balik nama ? mari berhitung


1.304.000,000(pembayaran BBN,SWDKLLJ,PKB)
250.000(Cabut berkas)
375.000 Penerbitan BPKB Baru 
200.000 Penerbitan STNK
100.000 Penerbitan TNKB
Total : 2.229.000 

nah di atas adalah biaya pokok, untuk biaya transport dan fotokopi gak ane hitung, ane sengaja ngurus sendiri biar ane bisa share di blog ini, oiya ane ngurus ini rata rata di hari sabtu, soalnya ane kerja kalau weekday, yaudah segini dulu, kalau ada pertanyaan bisa menulis dikolom komentar atau japri ane via telegram(cek di about) bye bye...







    

2 comments:

  1. Wah ternyata ada pemilik kebo juga di Bantul, aku juga rencana mutasi kebo ku ke Bantul Om, sudah cabut berkas cuma masih binun, Kalo boleh mau konsultasi nih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. woalah sudah cabut berkas to om..langsung ke polres bantul om..hehe iya boleh monggo saja ..info kontak saya ada di about me..salam angoners om

      Delete