Friday 20 September 2019

Oli Power Steering Opel Blazer

Oli Power Steering Opel Blazer


suarahampa.blogspot.com halo sobat angoners, kali ini ane pengen share apa yang ane lakukan kemarin, jadi ane kemarin cek kebo tua ane, ane cek di tutup oli power steering menunjukkan indikator oli dibawah huruf "C" jadi sebaiknya kata buku manual blazer suruh menambahkan.


Sebelumnya ane jelaskan sedikit, power steering kan setau ane ada 3 jenis, yaitu power sepering, artinya untuk menggerakan setir perlu sepiring nasi alias gak ada power steering nya, lalu ada sistem elektronik power steering, jadi perangkatnya sudah elektronik, lalu yang biasa untuk mobil tua itu biasanya masih menggunakan sistem hidrolik, jadi bayangkan kalau tidak ada oli maka komponen yang bergesekan akan cepat aus dan umur Power Steering bikin cepet modyar, oleh karena itu melihat indikator oli power steering juga perlu di lakukan, usahakan minimal di garis "C"

                                        (sumber gambar : Forum Blazer Indonesia)

Nah diliat dari gambar tersebut spesifikasi oli tertulis ATF DEXRON IID, namun karena nyari oli tersebut susah kalau di Indonesia akhirnya ane ubek ubek file di Forum Blazer Indonesia, kata suhu Opa BVDL spesifikasi olei transmisi dan power steering bisa menggunakan oli ATF dex III, ini sih dipasaran banyak, kemarin ane beli merk castrol ATF
nah itu olinya, kalau gak salah harganya 70rb untuk kemasan 1 literan gaes, ane sih cuman top up, tapi baiknya kata opa BVDL kalau sudah 2 taun atau 20.000 KM maka oli PS sebaiknya dikuras,kalau dikuras memerlukan kira kira 2 literan oli ini, kenapa dikuras ? karena mungkin bisa jadi tingkat pelumasannya kalau oli lama udah beda dengan yang baru..ya pasti ada kadaluarsanya kan gaes.

Lalu kenapa oli Power Steering bisa berkurang ? kalau masih normal sih mungkin tetep aja bisa berkurang tapi sedikit, tapi kalau untuk mobil tua biasanya seal seal atau selang-selang udah pada bocor, seperti punya ane, gearbox power steering udah ngompol nih
nah itu perhatikan udah pada merembes, yang ane lakukan saat ini adalah top up aja kalau kurang, tapi perlu waspada ketika kebocoran besar, maka sangat berbahya jika digunakan untuk jalan, karena oli akan berceceran dijalan dan pasti steering akan berat gaes.



nah itu di balik tutupnya ada indikator, minimal sesuai buku panduan ada di huruf "C" kali aja "C" artinya cukup ?wkwkw ilmu cocoklogi

Sekian dari ane, thanks to Forum Blazer Indonesia dimana tempat ane menimba ilmu tentang trouble shoot si tua blazer.. ane..


4 comments:

  1. Kondisi darurat adanya oli rem dot 3, bolehkah untuk ditambahkan ke tabung oli power steering ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. denger denger sih oli dot 3 dan dot 4 gk bisa dicampur tp ane kurang tau faktanya gmn

      Delete
  2. gearbox power steering lokasinya dmana ini om? Trimakasih om, ada orang yg rajin berbagi tentang perblazeran....
    saya yang angoner jadi harus banyak belajar. salam angoner dari angoner solo klaten. tapi sering nang jogja juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo om trimakasih sudah komen, letaknya dari bawah keliatan om, itu yang ada pitman nya itu gearbox nya om

      Delete