Sunday 9 May 2021

Servis Blazer sebelum lebaran

 Servis Blazer sebelum lebaran


hai guys, lama gak posting mengenai motuba Blazer saya, nanti dikira dijual lagi, bulan lalu saya servis motuba ini karena ada beberapa keluhan, yaitu oli netes dan yang kedua adalah air radiator netes ketika setelah digunakan, kenapa tu ?


setelah ane bawa ke bengkel ane utarakan apa aja masalahnya, yaitu di deket transmisi itu ada oli netes, yang kedua air radiaotr tadi, untuk oli netes ini sih ane yakin ini adalah oli mesin bukan transmisi, disini banyak penyebabnya, ada seal cover valve, atau seal as kruk belakang dan seal as noken dan seal bak oli itu . nah kalau di saya kemarin sih indikasi nya ada di seal cover valve, karena dari atas belakang mesin itu mengucur oli nya, memang sih seal cover valve ini penyakit tahunan, kata sesepuh di perblazeran itu lebih baik menggunakan part seal asli karena tahan nya lebih lama gitu.


saat itu digantilah seal cover valve nya, tentunya dengan mencopot selang selang yang terhubung, lalu cover timing belt juga dicopot, siapa tau indikasi oli dari seal as kruk bawah, namun setelah di buka ternyata seal as kruk bawah aman, namun ada indikasi ada kebocoran di seal noken as, nah kemarin diganti, biar sekalian pas bongkar. bahaya adalah ketika timing belt terkena oli nanti bisa mempengaruhi timing belt itu sendiri, padahal timing belt adalah part yang cukup vital , terutama untuk blazer dohc.

selanjutnya untuk radiator menetes dipagi hari adalah ini tetesannya mengenai disekeliling bak karter, indikasi nya adalah kemarin itu waterpump nya, tapi setelah dibongkar itu waterpump nya aman, cuman kemarin sebelumnya saya lihat ada selang bypass yang nekuk, nah bisa jadi selang bypass , letaknya ini adalah di intake manipol, jadi untuk benerin selang harus nyopot manipol dahulu, repot nya adalah disini, sebelumnya sih terpasang selang dengan spesifikasi kayaknya bukan dengan ukurannya. karena ada tekukan yang mungkin mengakibatkan luka dan menimbulkan kebocoran.

kemarin juga sekalian bongkar cover timing belt dilihat juga waterpump, kata mas montir masih bagus karena dilihat dari fisik kayaknya sih ini belum lama ganti dari pemilik sebelumnya, oiya saran saya sih jangan biarkan mobil kamu menggunakan air radiator air biasa, gunakanlah air radiator yang mengandung anti karatnya, karena diluar sana banyak air radiator yang hanya sekedar hijau saja tapi belum tentu ada anti karatnya. dengan adanya anti karat maka per cooling system an jadi awet, gak da yang karatan gitu.

kemarin juga ane sekalian tune up dan ganti oli, karena memang sudah waktunya ganti oli, udah 6 bulan lebih, walau KM belum terpenuhi. 

terus sekarang bagaimana setelah diservis ? kemarin kayaknya mas montir lupa untuk ganti seal bak karter, sampai saat ini sih ada kebocoran , masih ada rembes, next dah kalau ke bengkel ane pastikan lagi bagian ini terganti part seal nya, namun gak deres lagi olinya karena seal cover valve nya dah baru, karena penyebab utama ternyata adalah seal cover valve nya, lalu untuk air radiator juga alhamdulilah sudah aman, karena sudah tidak ditemukan lagi tetesan air radiator, air radiator juga tidak berkurang. hmm memang simple cuman ganti selang aja tapi untuk ganti selang harus bongkar intake manipol.

sekian dulu dari saya, jika ada keluhan dengan blazer anda temukan bengkel yang biasa megang perblazeran , biar tidak salah tindakan, hehe  









No comments:

Post a Comment