Wednesday 10 May 2017

Kebo Ane Mogok

Kebo Ane Mogok




   Malam hari selesai ane latihan nyetir, tiba-tiba saat mau ane parkirin si kebo mogok, saat dihidupkan cuman terdengar suara dinamo starter aja tanpa diikuti suara mesin, ane yang nggak tau apa-apa soal permesinan menduga kalau akinya / businya yang soak, namun setelah di cas akinya dan businya dibersihin tetep saja tidak ngangkat. Pada pagi harinya ane langsung hubungi mekanik.

   Setelah Mekaniknya tiba di rumah ane, mekaniknya langsung ngecek jalur bensin di mesin, setelah di cek ternyata bensin tidak ngalir, saat itu juga
mekaniknya nurunin tanki bensin yang cukup berat itu, karena sebelumnya kebo ane ane isi pertalite hampir setengah tangki, Setelah tangki bensin di buka doi ngecek fuel pump, ternyata selang penghubung bensin dan dinamo lepas, terus doi nyuruh ane beli selang yang baru, sekalian di ganti, ane nyari ke beberapa toko ternyata susah juga, akhirnya ane tanya-tanya ke tempat variasi mobil , dapatlah selang pomp bensin dengan harga setengah meter Rp. 11.500, langsung ane beli lalu cus pulang.

    Langsung saja mekaniknya masangin selang di fuel pump lalu masang tanki bensin ke body kebo,  lalu di starter ternyata masih sama saja cuman bunyi dinamo tanpa diikuti bensin ngalir di mesin, Mekaniknya ngecek beberapa bagian kap depan, malah sempet bilang wah kalau bensinnya ngga ngalir bisa jadi ECU nya, dalam benak ane wah kalau ECU nya yang rusak rogoh kocek cukup dalam nih, karena part ECU copotan saja 2.5 jt. Setelah itu ane disuruh beli dinamo fuel pump, mungkin dikira dinamo nya sudah lemah tidak bisa mengangkat bensin, karena hari itu sudah sore maka mekaniknya pulan, dan rencananya perbaikan hari Senin berikutnya.


    Pada esok harinya Minggu ane nyempetin beli part fuel pump dinamo di toko onderdil motor di daerah jogja, ane memutuskan beli yang made in jepang, biar awet sekalian. uang 500rb ane barter
dengan dinamo fuel pump merk HKT. setelah itu ane pulang...

     Tiba hari Senin, ane minta tolong bapak ane buat nungguin mekaniknya untuk melanjutkan perbaikan, setelah ditunggu sampai sore ternyata mekaniknya tidak kunjung datang, nah kebetulan tetangga yang ane mintain tolong pas pertama kali minang kebo main ke rumah, doi penasaran sama fuel pump yang dibilang sudah lemah, doi pun ngecek dinamo fuel pump di ember air, dan ........seperti yang ane duga ternyata fuel pump lama ane masih menyemprotkan air dengan kekuatan yang masih kencang, lalu doi inisiatif filter bensin lalu nyobain masang dinamo fuel pump ke tangki tanpa masangin ke body, setelah di coba di langsung dari aki ternyata mau ngangkat bensinnya. 


     Dengan bantuan saudara ane yang dirumah dipasangkan lah tangki bensin ke body, setelah di coba-coba ternyata cuman nyampe starter aja dan bensin pu tidak ngangkat. tetangga ane menduga kelistrikannya yang error, setelah di cek di perkabelan di daerah pompa bensin ternyata penyebabnya cuman socket fuel pump agak kendor, akhirnya penyebab mogok sudah ketemu. sesudah dibetulkan di coba starter akhirnya kebo ane ngga ngambek lagi Alhamdullilah yang rusak bukan bagian vitalnya, nah bagaimana dengan orang mekanik nya ? karena seharian gak datang kerumah ane , Setelah pulang kerja dan nyampe rumah ane telpon mekaniknya ane tanyain kok gak jadi datang ternyata temennya baru sakit, orang mekaniknya datangnya biasanya berdua. dan ane bilang sama mekaniknya untuk tidak perlu datang lagi karena kebo sudah bisa jalan lagi.


     Bagaimana dengan dinamo yang ane beli ? mubazir kah? tidak, karena tetangga ane kenal sama orang lama di toko yang ane beli ditukerlah dinamo seharga 500ribu dituker sama oli mesin 8 liter, coolant dan minyak rem.... lumayan servis bulan berikutnya sudah tidak perlu beli minyak.


Terimakasih sudah membaca, hehe semoga pengalaman ane bermanfaat buat kalian..byeee..        

No comments:

Post a Comment