Thursday 22 December 2016

Cara menampilkan partisi yang hilang pada windows

Cara menampilkan partisi yang hilang pada windows


ane mau share tutorial bagaimana memunculkan partisi disk yang hilang, note : tutorial ini membahas partisi dimanan tidak ada drive letternya, sehingga tidak muncul di my computuer, tutorial ini tidak berlaku untuk partisi yang rusak.

terkadang habis install ulang tiba-tiba setelah masuk windows partisi tidak muncul, padahal sebelumnya saat install semua partisi terlihat baik- baik saja, jika ini terjadi pada komputer / laptop kamu jangan panik sob, tetap tenang duduk, ambil nafas dalam- dalam dan keluarkan,hehe bercanda.langsung saja sob kita mulai tutorialnya.

1. Yang pertama klik windows di pojok kanan / start

2. Setelah itu klik kanan pada my computer sob, abaikan ikon-ikon yang tertampil di program ane ya, hehe ane suka game lama sob btw *siapa yang nanya ya. setelah klik kanan pilih "Manage"

3. Setelah klik manage, maka muncul halaman "Computer Management". lalu pilih lah "Disk Management"


4. Setelah klik "Disk Management" muncul halaman seperti ini.





4. Setelah itu lihatlah gambar di atasnya (no 3), perhatikan jika pada disk belum ada tanda kurung didalam nya ada hurufnya berarti drive letter nya belum ada ex (D:) itu adalah drive D di pc ane, system os2(C:) itu adalah drive C ane dengan nama system os2, perhatikan pada windows 8 disitu belum ada drive letternya, maka tidak nampak di my computer, untuk memberikan drive letter ikuti langkah dibawah ini


5. Klik kanan pada partisi yang belum muncul lalu klik kanan "dan pilih change drive letter and path.."



6. Pilih add --> lalu muncul pop up --> pilih lah huruf drive letter yang kita inginkan dengan mengklik  petunjuk no. 2, maka akan muncul dropdown opsi huruf, setelah itu "OK" 


7.  Setelah itu lihatkah, partisi kamu kembali lagi..yeyeye..

8. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghidden partisi yang kita tidak inginkan,tampilkan seperti partisi system reserved, untuk caranya klik kanan pada partisi yang tidak kita inginkan lalu pilih change drive letter and path, lalu selanjutnya "remove" lalu "Ok", tadaaa...selanjutnya partisi terhidden

Semoga tutorial ini cukup membantu, jika ada pertanyaan bisa kirim komentar dibawah ini atau chat ane di google hangout, kontak ada di about me, terimakasih, bye...


4 comments:

  1. kak data D saya hilang, sy dudah ikuti langkah tetapi ketika di disk managemen hanya muncul 'C' dan 'system reserved' . jd bagaimana kira-kira solusinya untuk memunculkan data D sy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek pas mau install windows itu, keliatan gak

      Delete
  2. Install windows yg mana ya ?

    ReplyDelete