gejala master kopling nyeplos / los di opel blazer
sejak membeli mobil blazer dari tahun 2017 saya belum pernah melakukan penggantian oli master kopling, nah mungkin kecerobohan dan kemalasan saya ini membuat usia master kopling ini lebih cepat rusak
nah suatu ketika sebelum kejadian saya menggunakan mobil blazer kok pedal kopling turun, dan terasa "cetek' dalam bahasa jawa , atau mungkin dangkal pas di injak , dan pedalnya pun turun dibawah pedal kopling posisi mesin mati, nah saya gak ngeh nih kalau mau nyeplos, lalu saya gunakan seperti biasa muter muter deket aja.
nah tiba tiba pas mau masukin ke garasi kok susah masuk, kayak kurang dalem diinjak, jadi pas dimasukkan gigi itu gak bisa masuk walau diinjak full, lalu saya browsing di grup andalan yaitu Forum Blazer Indonesia dan tanya mekanik andalan om is boncel, bilang kalau gejala kopling nyeplos. bedanya kalau ada kerusakan di transmisi dan kopling biasanya kalau urusan master kopling gak bisa masuknya pas mesin nyala, tapi ketika mesin mati normal / bisa masuk gigi.
setelah saya semedi dan melihat tutorial youtube saya coba bongkar sendiri nih, saya buka cover di atas pedal dan keliatan penampakan ada tetesan oli kopling, nahhh ini nih penyebabnya.
lalu saya copot itu 2 baut bracket karena saya berencana menggunakan kopling modifikasi, yang paling susah itu nyopot baut dibawah stir / baut bracket master kopling originalnya, karena tempatnya sempit, akan lebih enak kalau punya sambungan selang fleksibel biar bisa menjangkau.
ketika sudah copot saya nyari di tokoijo, melihat ada master kopling set modifikasi, master atas panther bawah dan bawah juga panther, sebenarnya bisa juga dibenerin master kopling atasnya , kalau cuman seal bisa menggunakan.
seal atas = seal rem starler 3/4s (tipis)
seal bawah = seal rem carry 13/16s (tipis)
kalau seal starlet tidak ada bisa menggunakan seal rem espass 11/15 kenapa jangan pakai yang 3/4 tebal karena masang nya sulit, ini info dari mbah beno (agung subeno).
oiya akhirnya saya memasang menggunakan master kopling modifikasi, saya pasang sendiri, bagi orang awam bisa kok mengikuti tutorialnya di youtube, tidak susah,
kelebihan menggunakan modifikasi panther (atas panther bawah panther) adalah spart part mudah dan melimpah, injakan lebih enteng setelah saya rasakan, lalu tinggi rendah nya pedal bisa disetel, harga bervariasi gak sampai 1.5jt , ada info misal mau tetap menggunakan yang ori misal tidak nemu yang bener bener original bisa menggunakan merk topran, cukup awet katanya. trimakasih sudah mampir
No comments:
Post a Comment