Tuesday 18 December 2018

Pengalaman Pajak 5 Tahunan Kendaraan

Pengalaman Pajak 5 Tahunan Kendaraan



Hayhay...lama gak update artikel nih, saking sibuknya malesnya ngblog, gak dapet ide buat judul, barusan ane baru saja pajak 5 tahunan motor kesayangan ane si Revo Merah yang glodakan itu kalau dipake dijalan kriting.


     Langsung saja ya, persyaratan sebelum melakukan pajak 5 tahunan adalah, lengkapi kendaraan anda sesuai aturan, misalnya spion , ya harus 2, tadi ada kejadian ada orang yang ingin perpanjang 5 tahunan tapi sama petugasnya di tolak karena motor tidak sesuai aturan, yaitu spionnya cuman 1, persyaratan lainnya adalah KTP sesuai STNK , BPKB asli, sama sekalian di Fotokopi dokumen tersebut 2 rangkap, sebenarnya 1 bisa, buat jaga-jaga aja.

     Oiya ane pajak tahunan di Samsat Bantul, domisili ane di Bantul, pertama ane datang pagi-pagi jam7, sengaja biar dapet antrian cek fisik bisa cepet, ane langsung menuju antrian cek fisik, disana motor langsung diparkirkan , jam 7.30 petugas datang membagikan formulir kendaaran sesuai dengan urutan kendaraan yang terparkir. ini hasil potret antriannya

Nah lembaran yang dibagikan saat itu kayak gini.
lembaran tersebut diisi selanjutnya nunggu petugas cek fisik untuk menggesek no rangka dan no mesin, berikut fotonya
proses menggesek tidak lama, apalagi kalau no rangka berada di tempat yang mudah dijangkau, tadi ada tapi pada revo gak ribet, petugasnya dah hapal kok, di sini kita belum mengeluarkan biaya, ane juga gak ngasih tips, karena memang doi udah di gaji juga, takutnya nanti jadi gratifikasi,hehe, 

Next, setelah di gesek maka kita melengkapi dokumen untuk melakukan pengesahan, di sini harus sudah ada persyaratannya lengkap, BPKB, KTP, STNK, sama hasil cek fisik tadi serta FC an BPKB, KTP dan STNK, disana diperiksa oleh polisi, setelah mendapat pengesahan maka kita masuk ke loket dimana disuruh untuk mengisi formulir, berikut formulirnya. nah di sini ane membayar biaya penerbitan STNK sebesar 100rb dan penerbitan plat nomer atau TNKB sebesar 60rb, sampai di sini ane keluar duit 160rb.


nah ini formulirnya, di isi sesuai contoh aja, habis itu kita masuk ke loket pengumpulan berkas pajak 5 tahunan, biasanya udah ada wadahnya tersendiri, jika bingung maka bisa tanyakan petugas yang jaga, setelah dikumpulkan maka kita nunggu panggilan dari kasir untuk membayar, setelah dipanggil ane harus membayar PKB 105rb sama SWDKLLJ atau jasa raharja sebesar 35rb, jadi total perincian biayanya adalah

Penerbitan STNK 100rb
Penerbitan TNKB 60rb
PKB                     105rb
SWDKLLJ             35rb
Total                 : Rp 300.000,00

Nah totalnya segitu

Setelah membayar ane disuruh menunggu untuk mengambil STNK, sebenarnya setelah mengambil STNK disuruh ambil nomor plat, tapi berhubung ane keburu masuk kerja maka ane urungkan, mungkin kapan-kapan aja ngambilnya, yang terpenting ane dah bayar pajak, karena kalau telat maka dendanya cukup lumayan, tadi ane ngurus ini dari jam7 pagi sampai jam10 pagi, gak lama kan, mungkin pengalaman antar daerah berbeda-beda, tapi jangan takut, prosesnya gak seribet yang kalian pikirkan, yang terpenting syarat lengkap ntar bakalan gampang ngikutin alurnya saja.

Segini dulu ya sob share nya, kapan kapan kalau ada sesuatu yang menarik akan ane share lagi, makasih dah mampir, jika ada yang kurang jelas bisa tulis komentar atau kalau pengen fast respon hubungi ane, info ada di about...bay bay...

No comments:

Post a Comment