Friday 26 January 2018

Mendapatkan Log Android

Mendapatkan Log Android


Artikel ini sebenarnya pengalaman kemarin nyari logcat pada sebuah device android, sebenarnya bisa dengan aplikasi yang di pasang di android, tapi karena ane ogah untuk meroot device ane maka ane cari cara lain, untuk yang belum tau jika ingin cara mudah yaitu device di root dulu lalu install aplikasi "alogcat", Tapi kali ini ane dengan bantuan komputer / laptop khususnya OS windows, btw ane menggunakan OS windows 7.

     Langsung saja to the point, pertama kamu harus download dan install aplikasi "Minimal ADB dan Fastboot" ngga kecil kok, coba search di mbah google, pasti ketemu, setelah ketemu langkang yang harus kamu lakukan adalah.

1. Melakukan enable developer options, jika belum tau googling aja, pasti sudah banyak yang share. ane kasih contoh di device meizu ane

2. Yang kedua adalah colokkan device dengan laptop dengan kabel USB,terkadang ada pop up konfirmasi, jika ada tekan "Yes" aja.

3. Setelah itu buka apikasi "Minimal ADB and Fastboot" ini berbentuk command line ya, untuk mendapatkan logcat ketikkan "Adb logcat" lalu enter, seperti ini 
Nah itu waitung device artinya menunggu device yang terkonek,


4. Setelah tersambung maka logcat pada anroid tersebut akan tertampil, seperti ini

Nah tapi kalau untuk mengcopy hasil logcat tersebut gimana ? karena ngga semua akan kelihatan karena logcat berjalan cepat dan log  atas akan tertutupi, gampang teman tinggal ketikkan perintah ini

Adb logcat > D:\sembarang.txt

Ane jelaskan sedikit D: adalah sebuah direktori tempat dimana untuk menyimpan hasil logcat, dan sembarang.txt adalah nama hasil sebuah output dari logcat itu sendiri, maka kita tidak akan susah payah copas manual, dan jangan kaget ketika tidak ada hasil output yang tertampil di CMD minimal ADB  and fastboot. ini contoh hasilnya :

nah ini hasil outputnya, tinggal dibuka pake notepad, berikut contoh hasilnya


Sudah paham kan ? jika tidak paham bisa tuliskan dikolom komentar, terimakasih sudah membaca sob..byebye


No comments:

Post a Comment