di kerjain lagi dengan sensor CKP Opel Blazer
walau blazer itu mobil tua tapi sudah menggunakan sensor sensor juga sob, salah satu sensor yang bikin pengangon nya macet dijalan adalah ada kerusakan pada sensor CKP, apa itu sensor CKP ? yuk simak yak..
CKP kepanjangan dari crankshaft position sensor fungsi sensor ini cukup vital guys, jadi lebih baik kalau ada tanda tandanya langsung ganti saja yaks, kenapa ini vital karena memberikan informasi ke bagian ECU mengenai kecepatan putaran mesin serta timing dari pengapian. nah mobil karbu aman, tidak pake CKP CKP an.
model sensor CKP kalau diblazer itu cuman kayak socket kabel aja lurd, biasanya masalahnya adalah
1. socket yang atas getas karena usia pemakaian dan kena panas mesin,
2. yang kalah adalah kabelnya, yaitu dr fisik biasanya akan kelihatan seperti udah putus lapisannya,
kalau kemarin punya saya fisiknya socket masih bagus, cuman lapisan kabel sudah getas,
untuk gejala seperti apa ? pertama saya waktu ngalamai CKP rusak itu sama sekali tidak di starter, api ada dikeempat busi tp tidak bisa mesin nyala, cuman cranking aja mesinnya...
terus yang kemarin itu di starter nyala terus tiba tiba RPM drop terus mati deh..habis itu tak cek ..oalah CKP nya dah getas. untuk yang kedua kemarin masih bisa tak bawa pulang dgn cara ngurut kabelnya karena tidak keliatan putus,
untuk DOHC letak sensor nya ada di bawah cover hitam sebelah kiri dari mesin (kalau kita berdiri hadap mesin ).
untuk cara pemasangan adalah
1. untuk socket atas lepaskan kawat pengunci, bisa ditekan kedalam lalu tarik kebawah, tp kadang ini susah . akhirnya dicongkel kawatnya lepas deh, tapi masang laginya susah, harus nyopot socket injektor apa ya.
2. untuk socket bawah, pake kunci ukuran 8 , lepas dan kencangkan lagi. letaknya bisa di urut dari atas
setelah itu saya nyalakan dan blazer kembalo normal, trimakasih sudah mampir..
No comments:
Post a Comment