Ciri-ciri Packing Head Sudah Minta Ganti
Packing head , head gasket, perpak atau sebutan lainnya adalah suatu lapisan yang terletak antara blok mesin dan silinder head, tujuan packing disini kalau ane baca mempertahankan kompresi di dalam mesin. disini ane akan cerita berdasarkan pengalaman ane, ciri kebocoran di packing head ini. memang terkadang baru keliatan setelah packing jebol. memang kejadian ini paling ditakutkan oleh para pemilik mobil. langsung saja ciri cirinya berdasarkan apa yang ane alami
1. Air Radiator bergelembung
yup normalnya radiator itu tidak ada gelembungnya , kalau ada gelembung bisa juga sih faktor external , tapi kalau faktor external tidak ditemukan yang dikhawatirkan adalah kebocoran di dalam mesin, alhasil kompresi bocor dan bikin air radiator bergelembung, caranya untuk ngecek adalah, pastikan kondisi mesin dingin, lalu coba buka tutup radiator, lalu mobil di starter, perhatikan apakah ada gelembung gelembung ? kalau tidak ada aman.
2. Air radiator muncrat ketika di starter awal.
yup jika air radiator bergelembung coba cara ini, yaitu pastikan mesin mobil dingin yak, lalu buka tutup radiator lalu isikan air sampai hampir penuh di bibir radiator, setelah itu lakukan starter, jika airnya muncrat tp muncratnya bukan karena goyangan mesin artinya aman, tapi kalau muncrat seperti air nyiprat gitu patut diwaspadai,
3. Air Radiator selalu berkurang tapi tidak terlihat kebocorannya
Nah jika mobil temen temen sering ngisi air radiator artinya mobil tidak normal, karena normalnya air radiator itu tetap, kalau kurang pun hanya sedikit, tapi air nambah tidak selalu packing head mau jebol, bisa juga ada kebocoran halus, klem kurang kenceng, kipas lemah atau thermostat macet dll. yang diwaspadai kalau cooling system normal tapi air radiator selalu nambah, karena bisa jadi ada kebocoran di packing lalu terbakar didalam mesin.
4. Ada cairan Oli di Air Radiator.
nah ini udah fix cairan oli udah nyebrang ke jalur air radiator, gejala packing head jebiol bisa ditandai air radiator ada olinya, atau oli ada kecampuran air radiator, bisa juga kedua duanya, yang terjadi di boil ane belakangan ini adalah kedua duanya, yups, tapi untuk mobil matic bisa jadi kalau air radiator ada olinya terjadi kebocoran di oil cooler transmisi maticnya, karena pendingin oli transmisi jadi satu di radiator. kalau manual sih ane kok belum nemui ada oil coolernya. berikut tampilan ada oli di radiator
nah itu, kalau air radiator di tumpahkan di lantai terlihat pelangi pelangi gitu...
5. Warna Oli berubah jadi Kopi Susu
nah ini babak akhir dari sebuah packing head jebol, kopi susu terjadi karena jalur air nyebrang di jalur oli, sehingga tercampurlah, kalau masih sedikit biasanya di deepstick belum keliatan, tapi sudah keliatan di tutup oli, ini paling bahaya karena oli sudah rusak tercampur air, jadi solusinya adalah buru buru panggil bengkel mesin, daripada terjadi water hammer, paling ntar turun mesin setengah beres, berikut tampilannya.
nah itu warna oli, jadi kayak kopi susu..
nah itu ada kopi susu di tutupnya, artinya sudah terjadi kebocoran sedikit, karena kalau baru dikit di deepstick masih tampak normal
nah itu terlihat normal kan, padahal itu udah kopi susu.
Okay makasih sudah membaca artikel ini, semoga motuba temen temen bebas dari penyakit ini, karena penyakit kopi susu bikin dompet jadi kopyah....jika ada kritik dan saran tulis dikolom komentar sob.
Assalamualaikum..mau tanya klo rembesan air coolant dikaret tutup termostat karena baru di ganti ..apakah akan berdampak pada gelembungan buih air di air radiaror
ReplyDelete